Sebagai platform paling banyak digunakan nomor empat di dunia, Instagram menjadi sebuah ladang subur untuk selalu digunakan, termasuk untuk berbisnis. Memasang iklan di instagram bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan asalkan kamu paham cara menentukan target instagram ads.

Di Indonesia jumlah penggunanya diperkirakan mencapai 60 juta pada tahun 2018 lalu. Tidak hanya sebagai tempat untuk sekedar berjejaring, Instagram juga merupakan opsi yang baik jika digunakan untuk beriklan.

Ditambah lagi dengan adanya fitur IG Shopping yang membuka peluang untuk bisnis dalam melakukan ekspansi pasar.

Disamping itu, adanya Instagram Ads juga menjadi alasan para pengguna Instagram untuk terus berada dan memanfaatkan peluang di platform tersebut.

Instagram Ads sendiri merupakan fitur untuk beriklan yang disediakan oleh Instagram. Cara membuatnya pun sangat mirip dengan Facebook Ads, sehingga bagi kamu yang sudah pernah mencobanya pasti akan familiar dengan pembuatan Instagram Ads.

Salah satu hal penting yang perlu ditentukan saat membuat Instagram Ads adalah menentukan target audiensnya.

Tujuannya agar pendekatan yang digunakan oleh brand lebih tepat sasaran. Kalau kamu merupakan pemula dan baru saja berniat membuat Instagram Ads untuk bisnismu, di bawah ini kamu punya caranya untuk menentukan target audiens Instagram Ads.

Simak bersama, yuk!


Ketahui Personanya

Ketika membuat bisnis, pernah terpikir seperti apa persona audiens yang akan menjadi konsumenmu?

Jika belum, mungkin ini saatnya kamu untuk mencari tahu. Pasalnya, penting untuk mengetahui bagaimana persona mereka sebelum menentukan target audiens Instagram Ads-mu.

Tujuannya adalah untuk menentukan apa strategi marketing yang nantinya harus kamu pakai dan sesuaikah dengan preferensi mereka.

Jika informasi mengenai hal ini sudah lebih jelas, maka akan membuka pintu untuk lebih mudah lagi dalam menentukan target audiens Instagram Ads.


Pelajari Kompetitormu

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menentukan target audiens Instagram Ads-mu adalah dengan mempelajari kompetitor.

Pahami bagaimana karakteristik dari audiens mereka dan di sini kamu bisa melihat langkah apa yang diambil oleh kompetitormu.

Dalam hal ini bagaimana mereka membuat ads dan apakah dapat diterima dengan baik dengan audiensnya.

Jika sudah cukup memiliki gambaran, makan seharusnya kamu akan lebih paham lagi untuk menarik kesimpulan akan bagaiamana karakter target audiensmu.


Menentukan Target Instagram Ads dengan Data Demografis

Setelah mengetahui gambaran persona dan karakteristiknya, hal selanjutnya yang bisa membantumu dalam menentukan target audiens Instagram Ads adalah dengan mencari tahu menggunakan data demografis.

Di sini kamu bisa menggunakan bantuan tools, misalnya adalah dengan menggunakan Instagram Analytics.

Poin-poin yang akan kamu dapatkan nantinya adalah informasi mengenai jenis kelamin, usia, dan lokasi mereka.

Jika kamu berhasil menggabungkan dengan riset sebelumnya, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan mendapatkan gambaran lebih tepat tentang siapa target audiensmu.

Baca Juga: Kenali Cara Membaca Instagram Insight, Apakah Sulit?


Lakukan Social Listening

Salah satu trik yang tidak kalah jitu untuk menentukan target audiens Instagram Ads-kamu adalah dengan melakukan social listening.

Proses ini bertujuan untuk memahami audiens dengan memonitor percakapan mereka di social media, khususnya pada halaman Instagram-mu.

Lewat ragam keywords, tren percakapan, hingga pembahasan mengenai brand-mu proses social listening ini dapat membantumu untuk menemukan analisa soal target audiens dan treatment apa yang bisa kamu aplikasikan.


Maksimalkan Penggunaan Tagging

Sejak pertama kali kemunculan social media, penggunaan tagging dinilai sangat efektif, baik itu dalam bentuk hashtag maupun pinpoint lokasi.

Dalam urusan hashtag, pastinya yang digunakan harus relevan agar tetap mudah untuk mendapatkan insight.

Hal ini juga bertujuan untuk menjaga image brand yang kamu miliki.

Sementara dalam menentukan target audiens Instagram Ads, penggunaan kedua jenis tagging ini mempermudah kamu untuk menelusuri posting audiensmu yang berkaitan dengan brand kamu, sehingga memudahkan prosesnya.

Itulah beberapa cara untuk menentukan target audiens Instagram Ads yang bisa kamu lakukan.

Tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi ketika sudah dapat formula tepat pasti bisnismu akan terus berkembang.

Jika ingin mengembangkan bisnis lebih jauh lagi, KoinWorks hadir sebagai platform solusi finansial.

Temukan kemudahan dalam pendanaan aset, mulai dari pinjaman modal usaha dengan bunga terjangkau yang bisa kamu dapatkan hingga Rp 2 miliyar.

Semuanya pun dapat kamu akses melalui super financial apps KoinWorks. Pastinya semua terjamin aman karena sudah dilindungi oleh OJK.

Jadi, tunggu apalagi untuk mengembangkan bisnismu?


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.