7 Tips Foto Produk Agar Online Shop Kamu Laris Manis – Beberapa tahun belakangan ini, bisnis online shop semakin menjamur di tanah air.

Kecanggihan teknologi membuat bisnis yang satu ini berkembang pesat.

Pebisnis online shop hanya perlu menggunakan media sosial, marketplace, dan fasilitas website semaksimal mungkin untuk mendongkrak omzet bisnis.

Meskipun persaingan antar bisnis online shop semakin ketat, foto online shop yang menarik bisa membantu kamu mengungguli persaingan tersebut.

Proses pembuatan dan edit foto online shop harus dilakukan secara cermat agar hasilnya eye catching dan memuaskan.

Tak perlu khawatir jika kamu masih terbilang awam untuk urusan foto produk online shop. Ulasan tentang tips foto produk online shop berikut ini akan menambah wawasan sekaligus membuat kamu lebih mudah mencoba sendiri.


1. Kenali Beberapa Tipe Foto Produk

Hal pertama yang patut kamu lakukan sebelum belajar edit foto untuk jualanadalah mengenal beberapa tipe foto produk. Tipe-tipe foto produk tersebut adalah sebagai berikut:

  • Individual shot: foto produk dengan latar putih.
  • In-context atau lifestyle shot: foto produk yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, foto produk sabun sengaja menggunakan kamar mandi sebagai latar tempat.
  • Scale shot: foto yang membantu calon pelanggan memahami ukuran produk, contohnya memotret produk skincare bersama telapak tangan sebagai bahan perbandingan ukuran.
  • Detailed shot: foto close up untuk memperlihatkan fitur suatu produk secara detail.
  • Group shot: foto sekumpulan produk yang diperlihatkan bersama-sama, misalnya rangkaian beberapa produk skincare khusus untuk kulit berjerawat.
  • Packaging shot: foto yang menonjolkan kemasan suatu produk.

Pada umumnya, tampilan suatu produk harus diabadikan dengan dua hingga tiga tipe foto tersebut untuk menghasilkan foto online shop yang lebih menarik.


2. Ambil Angle Foto Produk dari Berbagai Sisi

Proses pembuatan foto online shop sebaiknya dilakukan dengan mengabadikan angle foto dari berbagai sisi.

Jadi, jangan lupa menyiapkan alat bantu berupa tripod, ring light, mini studio, dan sejumlah alat bantu lainnya untuk menunjang kualitas hasil foto.

Jika kamu menampilkan foto produk dari berbagai sisi, calon pelanggan bisa mengamati produk tersebut secara detail.

Tampilan foto produk dengan berbagai angle juga membuat bisnis online shop kamu terkesan profesional karena berorientasi pada keinginan pelanggan.


3. Unggah Satu Gambar Tentang Spesifikasi Produk

Calon pelanggan online shop pasti ingin mengenali spesifikasi produk sebelum memutuskan untuk membelinya.

Baca juga : 7 Kesalahan Pebisnis Pemula yang Harus Kamu Hindari

Oleh sebab itu, kamu wajib mengunggah satu gambar tentang spesifikasi produk yang dilengkapi beberapa keterangan seperti ukuran dan jenis bahan.

Tips sederhana ini sangat efektif mengurangi kebingungan calon pelanggan sebelum membeli produk online shop sebab calon pelanggan bisa memperkirakan kesesuaian antara produk tersebut dengan kebutuhan mereka.


4. Gunakan Pencahayaan Alami

Cahaya alami adalah elemen terbaik untuk mendapatkan foto online shop yang berkualitas. Foto online shop yang mengandalkan pencahayaan alami akan tampak lebih hidup dan terkesan natural.

Sebaiknya kamu melakukan sesi foto produk pada pagi atau sore hari saat sinar matahari tidak terlalu silau.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan momen golden hour pada pukul 5 hingga 6 pagi atau 17.30 hingga 18.30 sore.

Cobalah memotret produk pada momen tersebut dengan berbagai angle untuk memperoleh hasil foto terbaik.


5. Tampilkan Gambar Promosi

Keberadaan gambar promo juga penting untuk memikat calon pelanggan. Selain mengutamakan foto produk secara detail, kamu juga patut merealisasikan konsep promosi yang menarik ke dalam format visual.

Kamu harus membuat gambar promo yang istimewa ketika memotret produk, misalnya mengabadikan foto produk dalam bundling (paket khusus) untuk menggugah keingintahuan calon pelanggan. 

Penawaran produk yang menarik dan lebih ekonomis pasti membuat banyak orang jadi penasaran dan ingin membelinya.


6. Seleksi Foto untuk Mendapatkan yang Terbaik

Jika kamu sudah melakukan sesi foto produk online shopmaka selanjutnya kamu harus memilih foto dengan cermat untuk mendapatkan yang terbaik.

Mulailah memilih foto dengan mempertimbangkan komposisi cahaya dan angle produk. Kamu juga harus menyingkirkan foto yang blur dan memprioritaskan hasil foto yang jernih. Kalau kamu berhasil membuat banyak foto berkualitas, simpanlah sebagian foto tersebut sebagai persediaan untuk diunggah di lain kesempatan.


7. Gunakan Software Edit Foto yang Tepat

Hasil foto produk online shop kerap membutuhkan sedikit sentuhan agar lebih sempurna. Untuk itu, kamu bisa mengandalkan berbagai software edit foto online shop untuk menyempurnakan hasil foto produk, mengubah tone warna, atau menambahkan teks sesuai kebutuhan. Beberapa software edit foto yang bisa digunakan secara gratis yaitu CanvaAdobe LightroomSnapseedVSCO, dan PicsArt.

Baca juga : 5 Cara Mendapatkan Feedback Online dari Pelanggan

Tak hanya menyediakan versi gratis, kelima software tersebut juga menyediakan layanan berbayar dengan fitur premium yang sangat bermanfaat.

Proses edit foto untuk jualanjadi lebih praktis dan tak butuh waktu lama bila kamu menggunakan software yang tepat. Usai melakukan proses edit foto, jangan lupa mengelompokkan hasil edit tersebut agar lebih mudah diunggah.

Mulai sekarang, jangan menganggap remeh proses memotret dan edit foto online shop jika ingin omzet bisnis meningkat.

Apapun produk yang kamu Konten visual yang menarik dan punya ciri khas merupakan salah satu kekuatan yang membedakan bisnis online shop kamu dengan para kompetitor.

Jika kamu memiliki kebutuhan terkait modal usaha untuk mengembangkan bisnismu, kamu bisa mencoba salah satu produk dari KoinWorks yaitu KoinBisnis.

KoinBisnis merupakan produk pinjaman modal usaha online yang memungkinkan kamu untuk meminjam modal usaha hingga Rp. 2 Miliar. 

Silahkan mencoba!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.