HomeMarketingContent MarketingCara Mencari Keyword yang Paling Banyak Dicari

Cara Mencari Keyword yang Paling Banyak Dicari

Cara Mencari Keyword – Belum banyak yang paham mengapa perlu mencari keywords. Padahal, proses adalah sebuah step yang penting dilakukan ketika akan membuat konten, khususnya artikel.

Keywords yang relevan dan tepat berfungsi untuk memudahkan mesin pencari merekomendasikan kontenmu saat ada yang sedang melakukan pencarian. Itu sebabnya dibutuhkan cara khusus agar kamu dapat menghasilkan keyword yang tepat sebelum kemudian dikembangkan menjadi artikel.

Tentunya, kamu harus menentukan topik untuk kontenmu terlebih dahulu. Proses ini biasanya dibarengi dengan riset mengenai audiensmu dan juga seperti apa konten yang kompetitormu buat.

Selanjutnya, proses riset keywords akan dilakukan untuk mengembangkan topik menjadi artikel.

Baca juga: Mau Menghasilkan Uang Dari Blog? Begini Caranya


Cara Mencari Keyword untuk Kebutuhan Artikel

Penasaran bagaimana caranya? Di bawah ini kami rangkum beberapa cara mencari keywords yang mudah untuk para pemula. Simak, yuk!

Tools Pencari Keywords

Pertama-tama cara mencari keyword yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan tools untuk mencari keywords. Sebut saja Keywords Planner, tools pencari keyword bawaan Google dengan akurasi yang baik. Namun, tools tersebut bisa dibilang berbayar dan dibutuhkan campaign untuk menggunakannya.

Tapi jangan khawatir, saat ini sudah banyak sekali tools pencari keyword yang hadir tanpa harus berlangganan. Artinya, kamu bisa melakukannya secara gratis seperti Ubersuggest. Caranya, cukup masukkan keyword yang ini kamu cari yang nantinya akan diiringi dengan hasil keywords serupa yang bisa kamu pilih.

Untuk memilihnya, kamu bisa melihat kalimat pada keywords itu sendiri apakah sudah sesuai dengan topik yang akan kamu kembangkan. Kemudian jangan lupakan kolom search volume yang nantinya akan menjadi tolak ukur pencarian keyoword tersebut selama satu bulan terakhir.

Pastikan untuk memilih keywords dengan volume pencarian tidak terlalu tinggi agar proses persaingan di mesin pencari nantinya tidak terlalu sulit. Jangan lupa untuk memperhatikan relevansinya ya, dengan kontenmu.

Baca juga: Artikel SEO Friendly, Begini Cara Tepat Membuatnya!

Google Trends

Salah satu cara mencari keywords yang tidak kalah mudah dan bisa dilakukan untuk pemula adalah dengan menggunakan Google Trends. Di sini kamu bisa mencari kira-kira kata kunci apa saja yang sedang trendy dan dapat digunakan untuk membuat artikel.

Untuk menggunakannya pun tidak dipungut biaya, kamu bisa langsung menggunakannya secara gratis. Caranya adalah dengan melihat daftar keywords teratas yang muncul baru-baru ini. Pastikan juga kamu mencarinya sesuai wilayah target audiens-mu, misalnya Indonesia.

Melalui Google Trends, kamu juga bisa mencari keywords bersifat long tail yang akan membantu proses kompetisi di mesin pencari agar lebih mudah.

Baca juga: 4 Tips Meningkatkan Jumlah Share Artikel Website Anda

Google Suggestion

Jika bicara soal cara mencari keyword paling sederhana dan mudah untuk diikuti oleh para pemula, Google Suggestion adalah kuncinya. Caranya sangat simple dan tanpa membutuhkan tools manapun.

Cukup masukan keywords long tail yang spesifik pada kolom search google yang nantinya akan disusul dengan suggestion relevan. Misalnya, kamu hendak mencari keywords “cara membuat opor ayam” nantinya diikuti beberapa suggestion lainnya seperti “cara membuat opor ayam bumbu kuning” atau “cara membuat opor ayam tanpa santan”.

Keuntungannya, kamu bisa menghasilkan keyword long tail dengan lebih mudah menggunakan cara ini. Jangan lupa juga memastikan untuk memilih keyword yang paling sesuai dengan kontenmu.

Baca juga: Apa Itu LSI Keyword dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

SERP (Search Engine Result Page)

Berikutnya cara mencari keyword yang bisa kamu coba adalah dengan Search Engine Result Page atau SERP. Cara ini bisa kamu gunakan untuk mencari tahu konten pada halaman teratas keywords yang kamu cari.

Hasil yang muncul pada halaman pertama ini menggambarkan kualitas konten terbaik yang paling dicari. Kamu bisa mencari tahu keyword apa yang digunakan oleh mereka, terutama pada konten tiga teratas di halaman pertama.

Baca juga: Rekomendasi Kursus Digital Marketing Gratis dan Bersertifikat


Itulah beberapa cara mencari keyword yang mudah dan bisa digunakan oleh pemula. Pastikan kamu mencari yang paling relevan dengan kompetisi rendah agar dapat menduduki halaman pertama lebih mudah lagi.

Jika ingin kemudahan lebih lagi untuk bisnsimu, KoinWorks hadir sebagai solusi finansial. Kamu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha online hingga pengembangan aset minim resiko melalui satu aplikasi super financial online. Yang terpenting, semuanya dapat dilakukan dengan biaya yang sangat terjangakau. Ayo kembangkan bisnismu!

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!