Apa itu JNE Cashless? Solusi Mengirim Barang Tanpa Bayar Tunai!

141
Apa itu JNE Cashless Solusi Mengirim Barang Tanpa Bayar Tunai!

Pernahkah kamu mengalami kejadian ingin mengirim barang, namun uang cash yang kamu bawa tidak cukup? Hal tersebut harus membuatmu menarik uang lagi dari rekening dan mengantri kembali di JNE. Sungguh merepotkan, bukan? Karena itu, JNE Cashless adalah solusi terbaiknya. Simak untuk mendapatkan informasinya!

Apa Itu JNE Cashless?

JNE Cashless adalah fasilitas yang dikeluarkan oleh ekspedisi JNE untuk para seller yang aktif berjualan di marketplace tertentu, sehingga tidak perlu membayar ongkos kirim pada pihak ekspedisi karena sudah ditambah pada struk pembayaran aplikasi.

Melalui fitur cashless ini, para penjual dan pengirim barang cukup teratur. Karena proses pengiriman pada kantor ekspedisi akan jauh lebih cepat. Contohnya, jika biasanya pada fitur pengiriman non-cashless, para penjual akan melalui proses seperti berikut:

  • Proses pemesanan dan deal dengan pembeli bahwa total belanja akan ditambah dengan uang ongkir.
  • Mengemas produk pembelian.
  • Membayar ongkos kirim pada pihak ekspedisi.
  • Pihak ekspedisi akan memberikan nomor resi yang harus kamu update pada dashboard atau media sosial terkait.

Namun, alur yang akan kamu lalui jika sudah menggunakan fitur cashless adalah seperti berikut:

  • Pemrosesan pesanan pada aplikasi marketplace terkait. Kamu tidak perlu bersusah payah menjelaskan kepada pembeli bahwa mereka akan dibebani ongkos kirim. Karena akan ditambah pada total harga pembelian barang pada aplikasi tersebut.
  • Cetak dan tempel data pemesan pada barang yang terkait.
  • Datang ke pihak ekspedisi tanpa perlu membayar ongkos kirim dan update resi lagi, karena sudah otomatis terupdate pada aplikasi. Beberapa penjual bahkan memiliki fasilitas tambahan, yaitu kurir JNE yang akan datang untuk menjemput barang yang akan mereka kirim.

Hanya, fitur JNE yang satu ini baru dapat kamu gunakan jika kamu bertransaksi atau menjual barang pada marketplace tertentu saja. Daftar marketplace tersebut antara lain Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Zalora, Blibli dan JD.ID.

Baca Juga: JNE YES adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Lama Pengirimannya

Kelebihan JNE Cashless

Setelah mengenal pengertian fitur pembayaran JNE satu ini, waktunya kamu mengetahui apa saja kelebihan yang ada jika kamu menggunakan fitur ini. Nah, kelebihan JNE Cashless adalah seperti berikut:

1. Kemudahan bagi Penjual

Tentunya, kelebihan pertama adalah menawarkan kemudahan pengiriman barang bagi penjual. Ketika menggunakan fitur cashless, kamu tidak perlu memikirkan update resi, dan mengecek harga pengiriman secara manual. Selain itu, kamu juga tidak perlu datang ke outlet, karena kurir dapat datang menjemput barang.

Jadi, kamu akan punya waktu luang untuk memikirkan hal lain seperti arus kas, arus produksi, pemasaran, bahkan aktivitas bisnis.

2. Penjual akan Otomatis Menjadi Anggota JLC

JLC atau JNE Loyalty Card adalah program keanggotaan yang diberikan oleh ekspedisi JNE kepada para pelanggan setianya. Tentunya, dengan menjadi anggota dari JLC akan memberikan kamu banyak keuntungan, seperti :

  • Promo potongan harga untuk pengiriman selanjutnya.
  • Layanan pengiriman barang milikmu akan masuk ke dalam prioritas JNE.
  • Otomatis mengikuti undian dengan hadiah menarik yang dilaksanakan JNE.
  • Mendapat cashback atau uang kembali sebesar 12,5%.

3. Terlacak Secara Otomatis

Selain bagi penjual, keuntungan bagi pembeli dalam pemakaian JNE Cashless adalah dapat melacak pengiriman barang secara otomatis. Tentu saja, tanpa perlu memasukkan nomor resi ke dalam website JNE.

Biasanya, jika barang telah terkirim kepada kurir, nomor resi akan otomatis tercantum pada aplikasi. Sehingga para pembeli dan penjual dapat melacak lokasi barang tanpa perlu memasukkan nomor resi secara manual.

Selain itu, potensi barang tertukar atau resiko salah input resi akan berkurang. Karena nomor resi yang langsung tercetak begitu para pembeli melakukan proses pembayaran.

Baca Juga: JNE Trucking adalah: Kelebihan dan Syarat Menggunakan Layanannya

Syarat dan Ketentuan JNE Cashless

Bagi kamu para penjual yang akan menggunakan fitur cashless ini, ada 6 syarat dan ketentuan dari JNE yang perlu kamu ketahui. Syarat dan ketentuan JNE Cashless adalah sebagai berikut:

  1. Penjual wajib menempelkan label pengiriman yang otomatis diberikan oleh marketplace dengan jelas. Karena pada label pengiriman terdapat kode unik yang nantinya akan menjadi kode pembeda oleh pihak JNE. Tujuannya untuk menghindari salah input resi dan barang yang tertukar dengan orang lain.
  2. Penjual wajib memberikan informasi tambahan mengenai penanganan paket yang akan mereka kirim apabila paket tersebut membutuhkan penanganan yang khusus. Contohnya, untuk barang pecah belah atau gampang rusak, penjual harus memberi label fragile.
  3. Pengirim barang dapat langsung mendatangi kantor JNE untuk mengirimkan barang. Tanpa harus melakukan pembayaran tunai di kasir dan sebagainya jika pada label pengiriman tertulis cashless.
  4. Jika penjual tetap membayar ongkos kirim padahal pada label pengiriman tertulis cashless, maka uang tersebut akan dianggap sebagai tip kepada agen JNE. Uang juga tidak dapat kamu klaim kembali pada pihak JNE maupun marketplace.
  5. Seller tidak perlu memasukkan nomor resi secara manual. Karena resi akan update secara otomatis dari aplikasi marketplace yang penjual pakai untuk melakukan transaksi.
  6. Jika ada pertanyaan lanjutan tentang pengiriman paket atau penjemputan, kamu dapat menghubungi call center JNE pada nomor (021) 29278888.

Jenis Pengiriman JNE Cashless

Pada JNE Cashless, ada 4 jenis layanan pengiriman yang dapat kamu pilih untuk mengantar barang atau produk milikmu, yaitu sebagai berikut:

1. Regular Cashless

Jenis pelayanan Regular Cashless paling umum dan paling banyak masyarakat gunakan dari ekspedisi satu ini. Layanan ini cocok untuk pembeli yang dapat mengikuti waktu pengiriman biasa tanpa buru-buru dan tidak membutuhkan paket secara cepat.

2. YES Cashless

YES atau kependekan dari Yakin Esok Sampai adalah layanan premium dari JNE yang memiliki target waktu pengiriman barang paling cepat. Sesuai namanya, barang tersebut ditargetkan dapat sampai keesokan hari setelah payment. Tentunya hal ini dapat terlaksana tergantung kota tujuan.

3. OKE Cashless

OKE atau kependekan dari Ongkos Kirim Ekonomi adalah pengiriman dengan menggunakan kargo udara atau angkutan darat yang libur pada hari sabtu, minggu dan hari libur nasional. Jadi, jika kamu kepentingan yang urgent, JNE Cashless OKE ini adalah layanan yang sebaiknya tidak kamu pilih.

4. Trucking Cashless

Terakhir adalah JNE Trucking. Jenis layanan ini dapat melayani pengiriman dalam jumlah besar melalui armada truk dan jalur pengiriman darat dan laut dengan harga yang kompetitif.

Berapa Lama Pengiriman JNE Cashless?

Keempat layanan pengiriman sebelumnya memiliki estimasi waktu yang berbeda-beda. Waktu pengiriman dari 4 layanan JNE Cashless di atas adalah sebagai berikut:

  • Regular Cashless: 2-7 hari masa kerja.
  • YES Cashless: 1 hari untuk kota yang memiliki penerbangan langsung.
  • OKE Cashless: 3-9 hari masa kerja.
  • Trucking Cashless: 2-7 hari masa kerja.

Baca Juga: Apa itu JNE? Ini Dia Pengertian dan Macam-Macam Layanannya

JNE Cashless adalah Pilihan Tepat untuk Mempercepat Efisiensi!

Kesimpulannya, JNE Cashless adalah fitur yang sangat memperhatikan efisiensi dari pengiriman mereka untuk mempermudah para seller. Maka dari itu, tunggu apalagi? Yuk, segera kirim barang dengan menggunakan JNE Cashless dari aplikasi marketplace pilihanmu!