Cara Mudah Buat Swipe Up Instagram untuk Bisnismu – Instagram adalah salah satu platform media sosial yang paling digemari dan sangat populer di dunia.

Dari 1 milyar lebih pengguna Instagram, sebagian besarnya adalah netizen Indonesia yang dibuktikan dengan penempatan urutan keempat pengguna Instagram terbanyak di dunia.

Tidak heran, kalau kini pebisnis gencar melakukan promosi di promoted post di Instagram Feed maupun dengan cara swipe up Instagram Stories.

Fakta menarik tentang Instagram Stories atau yang sering juga disebut Instastory atau IG Story, ada lebih dari 500 juta pengguna aktif yang menonton Instagram Story dalam sehari.

Karena hal tersebut, banyak pemilik bisnis online yang pada akhirnya melirik fitur Swipe Up di Instagram Story untuk memaksimalkan penjualan.

Mengapa harus mengetahui cara swipe up Instagram Stories?

Fitur Swipe Up ini tersedia untuk akun Instagram yang memiliki pengikut minimal 10.000 followers. Tentu ini adalah sesuatu yang menguntungkan mengingat di Instagram hanya bisa menautkan link website di bio.

Dengan fitur ini, jadi makin banyak peluang untuk para pebisnis online untuk mempromosikan produk maupun konten branding dengan cara swipe up Instagram Story.

Setelah ini akan kita bahas cara swipe up Instagram. Bahkan, untuk kamu yang jumlah pengikutnya belum menyentuh angka 10.000 akan dibahas juga triknya.


3 Langkah Membuat Swipe Up di Instagram Stories

Instagram tentu saja menciptakan fitur ini se-ekslusif fitur verifikasi. Karena itu, hanya segelintir akun yang mampu mendapatkan fitur swipe up di Instagram Stories.

Perlu diingat, ketentuan untuk mendapatkan akses fitur swipe up adalah sebagai berikut:

  • Harus terdaftar sebagai akun Instagram Bisnis
  • Memiliki minimal 10.000 followers

atau

  • Akun Instagram sudah terverifikasi memiliki centang biru.

Setelah semua ketentuan di atas dipenuhi, tinggal melakukan tiga langkah mudah cara membuat swipe up di Instagram berikut ini.

Langkah 1: Buat Instagram Story

Ketuk ikon kamera di kiri atas di halaman home. Ambil foto atau video, atau pilih dari galeri materi visual yang akan dijadikan Instastory.

Langkah 2: Klik Ikon Link

Di deretan atas opsi fitur-fitur Instastory, pilih ikon link yang berbentuk seperti rantai. Lalu, masukkan link website yang ingin dituju setelah di-swipe up.

Untuk hasil yang maksimal, pastikan untuk menautkan link yang spesifik dan relevan dengan postingan Instastory kamu.

Jangan biarkan mereka masuk ke halaman website dan berkeliling tanpa tujuan. Permudahlah followers kamu untuk membeli produk yang dipromosikan.

Baca juga : 5 Cara Meningkatkan Penjualan dengan TikTok

Langkah 3: Buatlah Call-to-action

Setelah menambahkan link, buatlah call-to-action untuk menarik perhatian followers untuk swipe up.

Call-to-action yang digunakan baiknya diberi warna yang terang, mencolok, dan eye-catching. Kamu bisa menggunakan GIF atau tulisan dengan font yang diberi highlight.

Voila! Instastory dengan fitur swipe up berhasil terbuat.


Followers Belum Sampai 10K? Ini Cara Lain untuk Membuat Swipe Up di Instastory

Jadi, ada cara lain untuk membuat fitur swipe up di Instagram yaitu dengan memanfaatkan fitur IG TV.

Fitur IG TV bisa memuat video berdurasi satu menit hingga 15 menit jika diunggah dari aplikasi mobile, dan bisa memuat video hingga 60 menit jika diunggah melalui web browser.

Pertama-tama, untuk menggunakan fitur swipe up dengan IG TV, kamu harus mengunggah video di IG TV, baik itu video promosi, tutorial penggunaan produk kamu, atau video branding bisnis kamu.

Baca juga : 10 Manfaat Internet Marketing Bagi Bisnis

Ketika kamu sudah memiliki video di IG TV, saat akan membuat postingan Instastory, akan muncul ikon link yang berbentuk rantai di deretan opsi atas dan pilih video IG TV yang akan jadi tujuan followers setelah swipe up.

Tidak lupa, sama halnya seperti cara swipe up Instagram Stories biasa, kamu juga perlu untuk menambahkan call-to-action yang menarik audiens.

Itu tadi cara swipe up Instagram untuk memaksimalkan bisnismu. Mudah kan? Kini saatnya berfokus pada aset yang kamu miliki untuk mengembangkan bisnis selanjutnya,

Tingkatkan pengembalian asetmu dengan pendanaan yang produktif melalui Peer to Peer Lending, salah satunya dengan KoinP2P dari KoinWorks.

Pendanaanmu tersalur kepada peminjam yang terpercaya. Jelas demikian karena sebagian besar peminjam berasal dari mitra kami yang memiliki reputasi baik.

Dengan KoinP2P, kamu dapat meminimalisir kerugian asetmu karena ada Dana Proteksi yang akan digunakan ketika peminjam mengalami gagal bayar sesuai ketentuan.

Selamat mencoba!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.