Tips Membuat Deskripsi Produk Toko Online – Persaingan toko online di marketplace kini semakin ketat.

Selain menawarkan produk dengan harga kompetitif, kamu juga harus memperhatikan hal-hal detail lainnya ketika merintis toko online.

Salah satu yang paling penting adalah deskripsi produk yang jelas dan efektif menarik minat calon konsumen.

Baca juga: Video Marketing Instagram Cocok untuk Bisnis? Simak 7 Alasannya


Apa itu deskripsi produk?

Deskripsi produk adalah sejumlah keterangan rinci yang menjelaskan tentang suatu produk.

Pada umumnya, deskripsi produk terdiri dari beberapa kalimat mengenai komposisi, ukuran, bahan, atau hal penting lainnya.

Calon konsumen yang mengunjungi toko online biasanya akan mengamati deskripsi produk sebelum memutuskan untuk membeli.

Jadi, sebaiknya kamu mempelajari cara membuat deskripsi produk berikut ini agar bisa menerapkannya secara efektif:

Baca juga: Daftar Program Ekspor Shopee, Bagaimana Caranya?

1. Membuat Deskripsi Produk Secara Jelas dan Lengkap

Membuat Deskripsi Produk Toko
Sumber: Panduan Dropshipkit

Hal pertama yang mesti kamu cermati sebelum membuat deskripsi produk adalah mengetahui batas jumlah karakternya.

Setiap marketplace memiliki batasan karakter yang berbeda-beda. Pada umumnya, marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan BukaLapak tidak menetapkan batasan jelas tentang jumlah karakter pada bagian deskripsi produk.

Namun, sebaiknya kamu membuat deskripsi minimal 300 kata agar bisa menjelaskan produk secara rinci.

Dengan demikian, calon konsumen tidak perlu menghubungi via chat untuk menanyakan informasi yang tidak dicantumkan dalam deskripsi produk.

Baca juga: Cara Jemput Paket J&T Tanpa Harus Keluar Rumah

2. Mencantumkan Semua Informasi Dasar tentang Produk

Beberapa informasi dasar yang mesti tercantum pada deskripsi produk antara lain:

  • Bahan produk.
  • Ukuran (termasuk detail dalam satuan, seperti centimeter, meter, atau kilogram).
  • Varian warna atau motif yang tersedia.
  • Fitur-fitur unggulan atau kelebihan yang terdapat pada produk.
  • Daya tahan produk dan garansi (jika ada).

Baca juga: 5 Tools Instagram Gratis untuk Maksimalkan Bisnismu

3. Menonjolkan Unique Selling Point (USP)

Sumber: Ekrut

Cara membuat deskripsi produk juga mencakup Unique Selling Point (USP) yang ingin kamu tonjolkan.

Kamu harus menampilkan keunggulan produk yang kamu dijual dibandingkan produk kompetitor.

Contoh deskripsi produk yang memperlihatkan keunggulan produk, misalnya:

  • Kaos: bahannya nyaman, menyerap keringat, anti bakteri, dan pilihan warnanya sangat banyak.
  • Peralatan elektronik: kapasitas baterainya besar, tahan lama, dan dilengkapi teknologi fast charging.
  • Makanan: bebas zat aditif (pewarna, perasa, penambah aroma), aman dikonsumsi anak-anak, dan telah terbukti tidak memicu reaksi alergi.

4. Memasukkan Keyword yang Tepat ke dalam Kolom Deskripsi

Teknik Search Engine Optimization (SEO) sederhana juga patut diterapkan saat membuat deskripsi produk toko online.

Tujuannya agar calon konsumen lebih mudah menemukan produkmu ketika memasukkan keyword tertentu di marketplace.

Gunakanlah frasa yang terdiri dari dua hingga lima kata untuk menggambarkan produkmu secara spesifik. Bila perlu, manfaatkan aplikasi riset keyword untuk menemukan keyword terbaik, seperti Google Keyword Planner.

Baca juga: Shopee Live Streaming, Apa dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Beberapa contoh keyword yang tepat untuk mendukung deskripsi produk adalah sebagai berikut:

  • Kaos rumah adem harga murah.
  • Powerbank kapasitas besar murah.
  • Dus kemasan box khusus makanan.
  • Paket kue kering murah lebaran.

Baca juga: Tips Packing Kue Lebaran Aman Dan Mudah

5. Menyertakan Call To Action (CTA) di Akhir Deskripsi

Sumber: Investasi Online

Call To Action (CTA) di akhir deskripsi produk sangat penting untuk menggugah keinginan konsumen dalam berbelanja.

Ajakan untuk berbelanja harus disampaikan secara halus dan to the point.

Kamu juga harus mampu menyampaikan pesan yang membuat calon konsumen merasa nyaman dan semakin bersemangat belanja, misalnya:

  • “Yuk, DM kita dulu buat tanya-tanya tentang produk ini!”
  • “Informasi lainnya bisa kamu dapatkan melalui DM ke kami, ya.”
  • “Jangan ragu untuk DM atau tanya-tanya di kolom diskusi sebelum order.”

6. Memanfaatkan Fitur Huruf Semaksimal Mungkin

Bila memungkinkan, kamu juga bisa memaksimalkan fungsi deskripsi produk dengan memanfaatkan berbagai fitur huruf yang tersedia di marketplace, contohnya fitur ukuran huruf, warna, dan pilihan bold atau italic.

Bagian-bagian penting dalam deskripsi produk yang mencakup nama, keunggulan, dan spesifikasi sebaiknya ditampilkan dengan huruf yang tebal dan besar agar lebih mudah dibaca calon konsumen.

Baca juga: 8 Tema WordPress Gratis untuk Website Bisnis Kamu

7. Menuturkan tentang Jaminan atau Garansi yang Tersedia

Sumber: Hypebeast

Ketersediaan garansi juga menjadi salah satu pertimbangan calon konsumen sebelum memutuskan membeli produk secara online.

Oleh sebab itu, kamu harus cermat menuturkan tentang jaminan atau garansi yang tersedia untuk produkmu (bila ada).

Garansi tersebut akan memberikan rasa aman kepada calon konsumen dan membuat produkmu dianggap berkualitas.

Nah, kini kamu tahu kan kalau memajang foto yang menarik saja belum cukup untuk mendukung bisnis online di marketplace.

Kamu juga harus membuat deskripsi produk yang tepat, menarik, dan nyaman dibaca untuk menggugah keingintahuan calon konsumen.

Selain mengurus operasional toko online secara teliti, kamu juga harus siap menyediakan tambahan modal agar bisa mewujudkan rencana ekspansi bisnis.


Kalau kamu sedang membutuhkan pinjaman untuk tambahan modal, kamu bisa mempercayakannya pada KoinBisnis.

KoinBisnis adalah layanan pinjaman tanpa agunan dari KoinWorks yang bertujuan membantu para pebisnis yang butuh tambahan modal.

Kamu tak perlu khawatir soal masalah legalitasnya karena KoinBisnis terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kamu berkesempatan mengajukan pinjaman hingga 2 milyar rupiah dengan bunga cicilan rendah (antara 0,75% hingga 1,67%).

Pencairan dananya hanya butuh waktu satu hingga tiga hari sehingga tidak membuatmu menunggu lama.

Pembayaran cicilan setiap bulan bisa dilakukan dengan mudah melalui nomor rekening virtual.

Tak ada kata mustahil untuk melakukan ekspansi bisnis jika kamu sudah mendapatkan solusi pinjaman modal dari KoinBisnis.