4 Tips Cara Menggunakan Telegram untuk Jualan – Saat ini bisa dibilang media apapun bisa kamu jadikan channel penjualan selama terhubung ke internet.

Ya, di era serba cepat dan serba online seperti sekarang harus dimanfaatkan dengan baik jika kamu punya rencana untuk membangun bisnis atau mengembangkan bisnis yang sedang kamu jalankan.

Dalam artikel ini akan kita ulas mengenai cara menggunakan Telegram untuk jualan beserta tipsnya.

Baca juga: Daftar Program Ekspor Shopee, Bagaimana Caranya?


Gunakan Grup Telegram

Di dalam Telegram ada banyak grup yang bertebaran dan kebanyakan tidak memerlukan banyak persyaratan untuk join atau bergabung di dalamnya. Nah, lewat grup ini adalah salah satu cara menggunakan Telegram untuk jualan secara online.

Coba kamu cari tahu grup jual beli yang aktif di Telegram.

Jangan lupa untuk melihat ada berapa banyak member atau anggota yang telah bergabung di dalamnya.

Baca juga: Cara Lengkap Berjualan di Line Shopping

Semakin banyak anggota, semakin besar juga peluang kamu untuk mempromosikan produk yang kamu jual.

Perlu kamu ketahui, tidak semua grup jual beli di Telegram yang membebaskan semua anggota untuk memposting jualannya.

Sebelum bergabung, ada baiknya untuk memastikan hal ini.

Baca juga: Cara Dropship Aliexpress ke Shopee

Cari dengan kata kunci yang tepat

Kata kunci yang bisa kamu gunakan antara lain “jual beli” atau “grup online shop”. Atau bisa juga kamu langsung melakukan pencarian dengan kata kunci yang spesifik, seperti “jual beli barang aesthetic”.

Cara yang bisa kamu coba juga adalah dengan mencari rekomendasi dari teman yang memang sudah tergabung dalam suatu grup jual beli.

Jadi lebih bisa dipertimbangkan kredibilitasnya. Plus jika itu adalah grup yang cukup privat atau close group, kamu jadi bisa mendapatkan rekomendasi dari teman kamu tadi agar permintaan kamu untuk bergabung bisa lebih cepat diterima.

Baca juga: Seller, Ini Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee

Sulit menemukan grup yang cocok? Buat komunitas sendiri

Di dalam satu grup Telegram bisa memuat hingga 200 ribu anggota. Nah, ini pun bisa jadi kesempatan kamu untuk membangun komunitas sendiri.

Jika kamu sulit untuk menemukan grup yang cocok dan dirasa pas, kamu bisa membuat grup sendiri.

Semisal kamu membuat grup yang lebih spesifik seperti “Forum jual beli daster dan piyama hits”. Dan undanglah teman-teman terdekatmu agar mereka merekomendasikan grup ini ke teman-teman mereka juga.

Baca juga: Tips Sukses Berjualan Online Untuk Pelaku UMKM Indonesia

Gunakan Channel Telegram

Bedanya dengan grup adalah di dalam channel Telegram ini, sang pemilik atau pembuat channel hanya bisa melakukan komunikasi satu arah.

Jadi orang-orang yang mensubscribe akan mendapatkan info jualan yang dipromosikan, tapi tidak bisa memberikan tanggapan.

Nah, jika begini kamu bisa membuat channel jualan sendiri dan hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membangun komunitas hingga memiliki cukup banyak subscriber, lalu promosikan produk jualan kamu dengan pesan broadcast di channel tersebut.

Baca juga: 3 Rekomendasi Channel Telegram Untuk Bisnis


Tips Cara Menggunakan Telegram untuk Jualan yang Optimal

1. Manfaatkan kemampuan softselling

Karena pada dasarnya Telegram adalah aplikasi untuk mengirim pesan instan, jadi memang agar promosi kamu berjalan dengan baik harus menggunakan teknik softselling.

Misal, saat kamu sudah berhasil masuk ke grup jual beli yang kita bahas di atas tadi, hindari mengirim pesan yang di copy paste dari iklan-iklan jualan kamu di platform lain.

Lakukan pendekatan dengan menyapa para anggota grup sebelum kamu share info atau tips berguna yang relate dengan produk yang kamu jual.

Baca juga: Ukuran Feed Instagram Paling Tepat untuk Konten Bisnismu

2. Selalu ingat “sharing is caring”

Di dalam grup jual beli yang kamu ikuti, cobalah untuk aktif memberikan info dan konten bermanfaat.

Dengan begitu kamu akan memberikan kesan sebagai penjual yang tidak hanya spamming berjualan, tapi juga ingin menjalin relasi yang baik kepada para pembeli dan sesama penjual.

Kamu bisa aktif membagikan konten bermanfaat seperti tips atau tutorial yang berhubungan dengan produk yang kamu jual. Dengan begitu, lama kelamaan akan timbul rasa ingin membeli dari mereka yang membacanya.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Memuaskan Pelanggan Bisnis Anda

3. Jalin komunikasi yang baik dengan anggota grup

Komunikasi yang baik akan berbuah hal yang baik pula. Kamu bisa menjalin komunikasi dengan para anggota di grup jual beli yang kamu ikuti sesimpel menyapa para anggota di momen tertentu.

Tentunya, kamu juga bisa membagikan postingan motivasi, memberikan semangat, membagikan quotes, dan tidak lupa aktif memberikan respons kepada mereka yang aktif juga berkomunikasi di grup tersebut.

Baca juga: 8 Tips Meyakinkan Konsumen untuk Belanja Online

4. Konsisten

Ini adalah kunci untuk maksimalkan cara menggunakan Telegram sebagai media jualan atau bisnis online. Sama seperti tips untuk sukses di kegiatan lainnya, konsistensi ada sesuatu yang harus dijaga.

Jika kamu sudah berhasil menjalani tiga tips lain di atas, kamu tinggal mengatur konsistensi menjalani itu semua.

Baca juga: 7 Tips Memperkecil Resiko Usaha Bagi Anda yang Baru Memulai Bisnis


Selain berinvestasi dengan menjalankan sebuah bisnis, akan lebih baik lagi jika kamu mempunyai plan B dengan menjalankan instrumen investasi lainnya. Mengembangkan aset melalui KoinBond misalnya.

KoinBond adalah pilihan investasi terbaru dari KoinWorks yang akan memudahkan kamu untuk membeli Surat Berharga Negara (SBN) yang dijamin oleh pemerintah Indonesia.

Tidak perlu proses yang sulit dan berbelit, kamu bisa memiliki E-SBN melalui aplikasi KoinWorks dan memonitor semua asetmu dalam satu genggaman tangan.

Kamu turut berkontribusi untuk negara dengan mendukung perkembangannya melalui Surat Berharga Negara.

Hal yang tak kalah penting adalah keamanan yang terjamin dan data yang terenkripsi dengan baik.

Yuk, mulai kembangkan asetmu melalui Surat Berharga Negara!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.