Pastikan Hal Ini Ada Pada Website Bisnis Online Anda – Menjalankan bisnis online bukan perkara simpel. Ada banyak hal yang wajib menjadi perhatian para pebisnis online yang ingin serius mengembangkan bisnisnya, terutama bagi yang berjualan melalui website.
Umumnya, memiliki website toko online sendiri akan membuat brand bisnis online Anda terlihat lebih meyakinkan dibandingkan yang hanya berjualan lewat media sosial saja.
Baca Juga: Tingkatkan Penjualan, Ikuti 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online
Lewat website e-commerce yang profesional, konsumen akan lebih mudah menjelajahi semua produk yang Anda jual dan kemudian langsung melakukan transaksi secara online 24 jam.
Nah, bagi Anda para penggusaha e-commerce ingin memajukan bisnisnya, pastikan hal ini sudah ada pada website bisnis online Anda.
Daftar Isi
8 Hal yang Harus Ada di Website Bisnis Online Anda
1. Logo yang Menarik
Logo merupakan hal mendasar yang penting untuk jadi perhatian Anda. Logo yang menarik akan membuat konsumen dapat dengan mudah mengingat bisnis Anda.
Baca Juga: 5 Kelebihan Website Toko Online yang Punya Tampilan Menarik
Pastikan logo website bisnis online Anda didesain sebagus mungkin dan dapat merepresentasikan jenis usaha Anda. Selain itu, lengkapi juga logo Anda dengan slogan singkat yang kreatif dan bernilai jual.
Bagaimana dengan logo bisnis Anda? Jika Anda merasa logo Anda kurang menarik, tak ada salahnya untuk segera mengganti logo. Segera cari desainer grafis professional untuk merancangkan desainnya.
2. Kolom Pencarian
Kolom search atau pencarian merupakan fitur sederhana namun begitu penting. Hanya saja, terkadang ada website yang menampilkan seadanya saja dan tidak mengoptimalkan fungsinya.
Baca Juga: Entrepreneur, Hindari 5 Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online
Padahal dengan fitur kolom search, konsumen dapat dengan mudah mencari produk dengan cepat dan praktis, terutama bagi pengunjung baru yang pastinya bingung harus menuju ke mana untuk mencari konten tertentu.
Untuk itu, pastikan kolom search di website Anda berada di posisi yang strategis dengan tampilan yang cukup besar dan gampang terlihat.
Baca Juga : Pahami Jenis Dan Ketentuan Pajak Online Shop
3. Keranjang Belanja
Shopping cart atau keranjang belanja akan memudahkan konsumen dalam mengelola belanjaan. Konsumen akan dibantu ketika mengecek item yang dipesan, hingga akhirnya melakukan proses checkout.
Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial
Untuk itu, usahakan prosesnya singkat dan sederhana. Jangan sampai membingungkan konsumen ketika proses registrasi dan checkout.
4. Spesifikasi Produk
Setiap foto produk harus dilengkapi dengan spesifikasi produk yang detail agar pengunjung website toko online Anda dapat mengetahui keunggulan produk yang dijual. Informasi produk harus jelas untuk meyakinkan calon pembeli.
5. Metode Pembayaran
Bagi konsumen yang baru pertama kali berbelanja di tempat Anda, tentu mereka masih belum tahu metode pembayaran yang berlaku. Seperti menggunakan transfer atm, kartu kredit, hingga cash on delivery (COD).
6. Contact Person
Umumnya, calon pembeli suka bertanya-tanya tentang produk yang dijual. Entah itu karena cuma penasaran atau memang benar-benar butuh dan akan membelinya.
Baca Juga: Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online
Untuk itu, pastikan website Anda mencantumkan contact person berupa nomor telepon atau email yang dapat dihubungi.
7. Ikon Media Sosial
Sekarang zamannya media sosial. Orang suka membagikan hal-hal menarik di media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan bahkan di aplikasi chat seperti WhatsApp dan LINE.
Baca Juga: 7 Tips Promosi Jitu Khas Anak Muda, Supaya Bisnis Online Anda Menjadi Terkenal!
Untuk itu, pasang ikon share media sosial pada setiap tampilan produk Anda, agar konsumen dapat dengan mudah membagikan link dalam situs Anda.
8. Promosi
Penawaran atau promosi sangat berpengaruh terhadap minat belanja konsumen. Usahakan untuk membuat penawaran spesial secara berkala untuk membuat konsumen tetap sering mengecek website Anda.