HomeManajemen BisnisKepemimpinanApa itu Angel Investor? Berikut Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu Angel Investor? Berikut Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Istilah angel investor kini menjadi istilah yang tidak asing, sejak munculnya banyak sekali startup atau perusahaan baru di Indonesia. Apa itu angel investor? Demi lebih mengenal tentang hal ini, simak informasinya berikut ini!

Apa Itu Angel Investor?

Angel investor adalah sosok atau seseorang dengan kekayaan atau harta yang cukup banyak dan memberikan dana kepada sebuah perusahaan startup di Indonesia. Tujuannya, yakni mendapatkan imbalan berupa persentase saham perusahaan tersebut.

Imbalan sebagai Angel Investor

Selain imbalan dalam bentuk persentase saham, ada juga yang meminta imbalan berupa pengembalian dana saja. Hal ini tergantung dari kesepakatan antara orang tersebut dengan perusahaan tersebut.

Sosok ini juga biasanya lebih mengutamakan untuk memberikan bantuan kepada perusahaan tersebut untuk berkembang daripada mendapatkan keuntungan. Hadirnya sosok ini tentunya akan sangat membantu sebuah perusahaan startup.

Jenis-jenis Angle Investor

Setelah mengetahui apa itu angel investor, terdapat juga beberapa jenis angel investor yang umumnya membantu sebuah perusahaan startup. Berikut ini adalah beberapa jenisnya:

1. Keluarga atau Teman Dekat

Jenis yang pertama adalah keluarga atau teman dekat. Keluarga atau teman dekat sering kali menjadi pilihan pertama sebuah perusahaan startup untuk mencari bantuan dana untuk mengembangkan perusahaannya.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari tingkat kepercayaan seseorang kepada sebuah perusahaan. Tentu bukanlah hal yang mudah bagi seseorang untuk mengeluarkan dana kepada sebuah perusahaan yang baru dia lihat. Selain itu juga, keluarga atau teman dekat tentunya lebih memahami kondisi sebuah perusahaan startup tersebut.

Meskipun pemberian dana lebih berdasarkan atas tingkat kepercayaan. Namun sebuah perusahaan startup yang baik tetap harus membuat perjanjian di awal dengan keluarga atau teman dekat yang memberikan bantuan dana kepada sebuah perusahaan.

2. Orang Kaya

Jenis yang berikutnya adalah orang kaya. Setelah mengetahui apa itu angel investor, tentunya jenis yang satu ini adalah jenis yang paling umum bagi sebuah perusahaan startup ketika mencari bantuan dana untuk mengembangkan perusahaannya

Meskipun paling umum, namun jenis yang satu ini bisa dikatakan jenis yang paling sulit untuk didapatkan bagi sebuah perusahaan startup. Karena jenis yang satu ini juga memerlukan jaringan koneksi pergaulan yang cukup luas. 

Orang kaya yang menjadi sosok ini umumnya adalah seorang pebisnis sukses, dokter, orang dengan jabatan yang cukup tinggi, atau yang lainnya. Orang-orang ini juga bisa kamu temukan ketika menghadiri sebuah event tertentu yang menghadirkan sosok-sosok tersebut.

3. Grup atau Jaringan

Jenis yang terakhir adalah berasal dari sebuah grup atau jaringan. Di Indonesia sendiri telah terdapat sebuah grup angel investor yang bernama ANGIN atau Angel Investment Network Indonesia. Grup tersebut adalah sebuah grup yang berisi para orang-orang yang dapat membantu perusahaan startup kamu.

Melalui grup tersebut juga, biasanya sebuah perusahaan startup dapat mengajukan untuk meminta pendanaan hanya dengan cara membuat sebuah kuesioner dan mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditentukan.

Startup yang terpilih tentunya akan mendapatkan suntikan dana dari grup yang berisi para angel investor tersebut. Cara ini bisa dikatakan cara yang cukup efektif bagi kamu yang membangun sebuah startup, namun memiliki jaringan koneksi pergaulan yang kurang luas.

Kelebihan Angel Investor

Setelah mengetahui apa itu angel investor, yaitu seseorang yang meminjamkan dana dengan tujuan membantu sebuah perusahaan startup. Terdapat juga beberapa kelebihan bagi sebuah startup yang mendapatkan bantuan dari sosok ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya.

1. Umumnya Dana yang Diberikan Bukanlah Pinjaman

Kelebihan yang pertama bagi sebuah perusahaan startup yang pertama adalah umumnya dana yang diberikan bukanlah dana pinjaman yang harus dikembalikan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, umumnya sosok ini adalah seseorang yang memiliki tujuan untuk membantu sebuah perusahaan startup untuk berkembang. Secara umum juga, sosok ini lebih memilih untuk mendapatkan imbalan berupa kepemilikan saham dari sebuah perusahaan startup.

2. Bantuan Tidak Hanya Uang

Kelebihan yang kedua adalah dapat memberikan bantuan tidak hanya berupa uang. Sering kali sosok ini adalah seorang pebisnis yang banyak sekali pengalaman dan sudah sukses dalam bisnisnya.

Berdasarkan hal tersebut, sosok ini umumnya hadir dengan tujuan untuk membantu sebuah perusahaan startup untuk berkembang. Selain itu, ia juga tidak segan untuk memberikan masukan atau insight dalam menjalankan sebuah bisnis.

3. Berani Mengambil Resiko

Orang-orang yang menjadi sosok penolong ini umumnya sadar bahwa berinvestasi dalam sebuah perusahaan startup adalah hal yang sangat beresiko. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa ada banyak sekali perusahaan startup yang gagal dalam menjalankan bisnis mereka.

Meskipun memiliki resiko yang tinggi, sosok ini umumnya tetap akan berani untuk mengeluarkan dana untuk membantu sebuah perusahaan startup. Karena tujuan utamanya adalah membantu perusahaan tersebut agar dapat terus berkembang dan mendukung perekonomian di Indonesia.

Kekurangan Angel Investor

Selain kelebihan, tentunya terdapat kekurang bagi sebuah perusahaan startup yang mendapatkan dana dari seorang angel investor. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang akan bisa diterima oleh sebuah perusahaan startup tersebut: 

1. Dapat Mengambil Alih Perusahaan

Kekurangan bagi sebuah perusahaan startup yang mendapatkan dana dari sosok ini yang pertama adalah perusahaan tersebut dapat diambil alih oleh seorang angel investor.

Pengambilalihan yang dapat terjadi bisa meliputi wewenang sampai operasional perusahaan. Hal ini tentunya akan menyulitkan terutama saat ada suatu keputusan yang harus diambil. Karena hal tersebut, sangat penting bagi kamu untuk membuat surat perjanjian di awal saat orang ini masuk ke sebuah perusahaan startup.

2. Terjadi Penipuan

Kekurangan berikutnya yang dapat saja bisa terjadi bagi sebuah perusahaan startup yang mendapatkan dana dari sosok ini adalah dapat terjadinya penipuan atau harapan palsu dari sosok ini.

Bentuk penipuan yang mungkin saja bisa terjadi, yakni saat sosok ini sudah berjanji akan memberikan sejumlah dana untuk membantu mengembangkan sebuah perusahaan startup. Kemudian, tiba-tiba membatalkan keputusannya secara sepihak.

Cara Mendapatkan Angel Investor

Setelah mengetahui apa itu angel investor dan juga beberapa jenis angel investor. Melalui beberapa jenis tersebut kamu dapat memanfaatkan untuk menyesuaikan dengan cara mendapatkan bantuan dari sosok ini berdasarkan jenis tersebut. Berikut ini adalah beberapa langkah cara mendapatkan angel investor:

1. Mempunyai Bisnis Startup yang Menjanjikan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan bantuan dari sosok ini tentunya adalah mempunyai sebuah perusahaan startup. Perusahaan startup tersebut juga haruslah sebuah perusahaan startup yang cukup menjanjikan, agar dapat terus berkembang.

Jika mempunyai sebuah perusahaan startup yang memiliki model bisnis yang menjanjikan, ide-ide yang menarik, tentunya akan lebih mudah untuk kamu mendapatkan bantuan dari sosok ini.

2. Mengidentifikasi Angel Investor

Setelah mengetahui apa itu angel investor, kamu juga tentunya dapat mengidentifikasi seperti apa sosok yang tertarik dengan perusahaan startup kamu. Hal ini penting agar kamu dapat memperkirakan apa yang akan ada dalam benak orang tersebut ketika mengetahui perusahaan startup kamu.

Kamu dapat memulai untuk melihat dari latar belakang orang tersebut. Kemudian, melalui latar belakang orang tersebut, kamu dapat memperkirakan pertanyaan seperti apa sajakah yang mungkin terlintas dalam pikiran orang tersebut. 

3. Mempersiapkan Presentasi Singkat dan Menarik

Langkah yang terakhir adalah mempersiapkan presentasi singkat yang menarik. Presentasi ini akan menjadi hal yang sangat penting ketika kamu menjelaskan tentang perusahaan startup kamu.

Kamu dapat memulai dengan penjelasan singkat tentang perusahaan startup kamu. Lalu, berfokus pada masalah yang ada dalam masyarakat, seperti apa yang dapat diselesaikan oleh perusahaan startup kamu.

Sudah Semakin Mengenal Angel Investor?

Itulah beberapa informasi penting tentang angel investor. Mulai dari pengertian apa itu angel investor, yaitu orang yang memberikan bantuan dana untuk membantu sebuah perusahaan startup. Beberapa jenis angel investor yang perlu kamu ketahui.

Melalui beberapa jenis tersebut, kamu dapat menyesuaikan cara seperti apa yang paling cocok untuk mendapatkan bantuan dari orang tersebut. Terdapat juga beberapa kelebihan dan kekurangan dari mendapatkan bantuan orang tersebut. 

Oleh sebab itu, sebelum mengajukan proposal, sebaiknya kamu lebih teliti dan bijak lagi. Karena tidak semua calon investor bisa kamu percaya 100%. Semoga informasi angel investor ini dapat mengispirasi untuk kamu.


Temukan inspirasi tentang manajemen bisnis dan lain-lain hanya di entrepreneurcamp.id

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Jenis-jenis Kewirausahaan Ini Sebelum Memulainya!

Memiliki bisnis memang impian hampir semua orang. Namun tahukah kamu bahwa ada jenis-jenis kewirausahaan yang penting untuk diketahui? Selain membutuhkan skill, jiwa pantang menyerah, dan...

Pentingkah Membuat Jurnal Penghapusan Piutang dalam Perusahaan?

Dalam menjalankan bisnis, ilmu akuntansi merupakan fundamental yang perlu kamu ketahui bahkan kuasai. Banyak aspek dari ilmu tersebut yang akan membantu kamu menjalankan bisnis...

Pentingnya Tujuan Digital Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

Digital marketing telah menjadi strategi pemasaran yang terkenal di masa kini. Banyak perusahaan memanfaatkan keuntungan yang diberikan dan berlomba-lomba dengan kompetitor untuk menjangkau lebih...

Pengertian Inventaris dan Manfaatnya dalam Mengelola Bisnis

Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan dalam menjalankan bisnis, termasuk ketika melakukan pendataan inventaris. Hal tersebut sangat penting bagi kelangsungan bisnis. Kamu mungkin...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!