HomeIde BisnisCara Berjualan di AliExpress dengan Tips Lengkap Untuk Pemula!

Cara Berjualan di AliExpress dengan Tips Lengkap Untuk Pemula!

Mengubah metode penjualan bisnis kamu menjadi online dapat meningkatkan penjualan produk kamu.  Salah satu online marketplace yang memiliki cangkupan pasar global yang luas di dunia adalah AliExpress. Penting bagi penjual untuk mendaftarkan produk mereka di marketplace global seperti AliExpress. Mengetahui langkah yang benar mengenai cara berjualan di AliExpress menjadi awal yang tepat bagi kamu para pemula yang ingin meraih pasar lebih luas.


Apa Itu AliExpress?

Sebelum memulai panduan cara berjualan di  AliExpress, kenali lebih dahulu apa sebenarnya AliExpress itu. AliExpress adalah jasa industri ritel online yang berpusat di Tiongkok dan dibawah naungan AliBaba Group. Berdiri sejak 2010, awalnya AliExpress merupakan gabungan dari banyak pelaku usaha kecil yang berada di Tiongkok. 

AliExpress memudahkan para konsumen untuk membeli barang yang mereka inginkan secara online langsung dari distributor dan manufakturnya yang terletak di berbagai negara di dunia.  Jangkauan yang dimiliki AliExpress cukup luas dengan konsumen terbanyak berasal dari Rusia, Amerika Serikat, Spanyol, Prancis, dan Brazil. 


Alasan Berjualan di AliExpress? 

Proses pemesanan dan pembelian produk saat menjadi lebih mudah karena mayoritas industri ritel menjalankan bisnisnya secara online. Kemudahan para pembeli melakukan transaksi secara online dan tinggal menunggu barang pesanan mereka menjadi poin plus industri ritel online di marketplace seperti AliExpress. Tidak hanya mudah bagi para pembeli, namun cara berjualan di AliExpress juga mudah bagi para penjual. 

Penjual akan mendapatkan keuntungan yang cukup banyak apabila memutuskan untuk bekerja sama dengan AliExpress. AliExpress, seperti yang sudah disebutkan, memiliki pasar global yang luas sehingga memudahkan bisnis kamu untuk meraih pasar tersebut. Masih banyak keuntungan lainnya bersama AliExpress, beberapa diantaranya adalah world wide shipping, pendaftaran toko gratis, tarif komisi AliExpress yang rendah, dan metode pembayaran yang aman dan mudah.

Baca juga: Cara Berjualan Di Alibaba Untuk Pemula : Tutorial, dan Tips!


Sistem Berjualan di AliExpress

Cara berjualan di AliExpress tidaklah sulit. Namun, para pelaku usaha ritel atau penjual perlu mempelajari sistem berjualan di AliExpress. Sama halnya dengan cara berjualan di AliExpress, mempelajari sistem berjualannya tidaklah rumit. Hanya ada satu sistem untuk berjualan di AliExpress, yaitu sistem dropshipment

Sistem Dropshipment

Layaknya banyak e-commerce lain, sistem dropshipment adalah sistem yang paling lumrah digunakan oleh banyak marketplace global. Karena sistem ini cukup sederhana dan lebih mengandalkan kreatifitas dari para penjual untuk memasarkan produk mereka. Tetapi kamu sebagai penjual tidak perlu khawatir, karena AliExpress menyediakan wadah marketplace dengan pengunjung hingga 460 juta dan menduduki peringkat 50 besar pada peringkat dunia dalam jumlah pengunjung. 

Sistem dropshipment mengharuskan penjual untuk memasang produk mereka sendiri, memberikan deskripsi produk, menyusun strategi pemasaran dan melakukan pengemasan sendiri.

Baca juga: Cara Dropship Aliexpress ke Shopee dengan Mudah dan Cepat


Cara Berjualan di AliExpress

Kamu tidak perlu khawatir, karena artikel ini juga akan membahas beberapa tips sukses cara berjualan di AliExpress. Berikut caranya:

1. Buat Akun AliExpress Kamu

Selanjutnya, mari kita bahas cara berjualan di AliExpress secara perlahan. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun AliExpress,  kamu hanya perlu mengunjungi laman website AliExpress langsung di best.aliexpress.com kemudian klik “Sell on AliExpress” pada bagian atas lalu klik “Non-Chinese Seller Registration”. 

Cara Berjualan di AliExpress

Setelah mengklik, kamu akan langsung diarahkan ke laman lain untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai pendaftaran sebagai penjual di AliExpress. AliExpress juga akan mengingatkan kamu akan keuntungan yang kamu dapatkan apabila kamu memutuskan untuk berjualan di AliExpress. 

Berikutnya adalah mengklik langsung “Join AliExpress” dan akan diarahkan langsung ke halaman pendaftaran. 

Cara Berjualan di AliExpress

Di halaman inilah proses kamu harus membuat akun AliExpress kamu.  kamu harus memastikan email yang kamu gunakan adalah email yang terdaftar dan terhubung dengan toko kamu. 

Pada saat pendaftaran, ada kolom yang bertuliskan “ Shop Tax Country”. AliExpress sebagai marketplace global yang besar tidak memungut pajak sama sekali, sangatlah sulit untuk AliExpress apabila mereka harus mengumpulkan setiap pajak dengan konsumen – konsumen yang tersebar di seluruh dunia. 

Maka, kamu harus menentukan negara mana yang menjadi sasaran pasar produkmu agar mudah bagi negara tersebut untuk memungut pajak dari penjualan ekspor. kamu bebas memilih negara mana yang menjadi sasaran pasar kamu.  Namun, kamu juga harus menyesuaikan strategi pasar dan metode pengiriman toko kamu yang cocok dengan pasar tujuan kamu. 

Cara Berjualan di AliExpress

Setelah mengisi kolom dengan email kamu dengan password yang cukup kuat, verifikasi terlebih dahulu melalui email kamu.  AliExpress akan segera mengirimkan 6 digit kode verifikasi yang harus kamu masukan pada kolom yang tersedia. 

Baca juga: Cara Berjualan Di Lazada, Ramah Untuk Pemula!

2. Isi Kelengkapan Data Toko

Langkah berikutnya setelah memverifikasi email, kamu perlu mengisi kelengkapan data toko kamu.  Pada laman ini, mari kita bahas apa saja yang kamu butuhkan untuk mendaftarkan toko kamu.  

Kamu wajib menyertakan dokumen – dokumen seperti sertifikat digital/elektronik untuk mendapatkan Nomor Seri Faktur Pajak (NFSP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan Akta pendirian toko kamu yang diterbitkan oleh Notaris beserta kontaknya. Berikutnya, masukkan nama Notaris Toko kamu dan nomor yang dapat dihubungi. 

Jangan lupa untuk menyediakan soft copy dari dokumen – dokumen tersebut karena beberapa dokumen perlu untuk kamu unggah. Setelah mengisi semua data yang diperlukan, klik “Next”

Cara Berjualan di AliExpress

3. Menunggu Ulasan Toko kamu dari AliExpress

AliExpress akan mengulas proses lamaran toko kamu dan memastikan keresmian dari sertifikat elektronik serta kesaksian dari notaris toko kamu.  Apabila semua data benar atau valid, maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email. Setelah mendapatkan email pemberitahuan dan toko kamu berhasil terdaftar di AliExpress, maka kamu sudah dapat menjalankan cara berjualan di AliExpress.

4. Isi Profil Toko dan Mulai Pasang Produk

Langkah keempat dan terakhir untuk melengkapi cara berjualan di AliExpress adalah mengisi profil toko kamu dan memasang produk – produk yang kamu ingin jual. Ini ada langkah yang penting karena calon pembeli akan mengecek profil dari toko kamu apakah terpercaya atau tidak.

Baca juga: Cara berjualan Di Tokopedia, Mudah Untuk Pemula!


Tips Sukses Cara Berjualan di AliExpress!

Kami telah merangkum berbagai tips yang dapat menunjang kesuksesan bisnis kamu di AliExpress guna melengkapi pengetahuan kamu akan cara berjualan di AliExpress.

1. Desain Halaman Toko

AliExpress memfasilitasi kamu dengan fitur untuk mendesain laman toko kamu sendiri yang terletak di “My Store”. Gunakanlah kreatifitas kamu untuk mendesain laman toko agar menarik perhatian pembeli. Tentunya tidak lepas dari keselarasan produk yang kamu jual. Desain yang menarik akan memikat calon pembeli dan beranggapan bahwa toko ini cukup terampil dalam menjual produknya.  

2. Pastikan Produkmu Berkualitas

AliExpress memamerkan lebih dari 100 juta produk setiap harinya. Penting bagi para penjual untuk memastikan produknya memiliki kualitas yang baik. Calon pembeli lebih tertarik pada barang yang berkualitas. Pastinya pembeli akan mempercayai produk dari toko kamu dan kedepannya tertarik untuk membeli produk kamu lagi. kamu juga perlu memastikan produk yang kamu jual memiliki deskripsi sesuai dengan barang aslinya.

3. Miliki Sasaran Pasar yang Tepat

Kamu perlu menentukan pasar yang tepat sebagai sasaran penjualan kamu karena AliExpress mencangkup lebih dari 190 negara di marketplace mereka. Misalnya, produk yang kamu jual merupakan sebuah gadget elektronik yang sangat laku di Rusia. Maka, Rusia menjadi sasaran utama penjualan kamu. 

4. Memberikan Gratis Ongkir

Salah satu kelebihan AliExpress dibanding marketplace lain adalah banyaknya toko yang menggratiskan ongkir atau ongkos kirim. Cara berjualan di AliExpress dengan memberikan gratis ongkir akan menarik lebih banyak calon pembeli. Banyak pembeli yang lebih tertarik dengan toko yang memberikan gratis ongkir, apalagi jika sebenarnya biaya kirim sangat mahal. Biaya kirim ini dapat mengurungkan niat calon pembeli untuk membeli produk tersebut.

Baca juga: Cara Berjualan di Marketplace Lokal untuk Pemula


Sudah Siap Menerapkan Cara Berjualan di Aliexpress Diatas?

Berjualan secara online bukanlah perkara sulit, apalagi ada e-commerce seperti AliExpress yang sangat mudah untuk digunakan. Beberapa langkah dan tips sudah dijabarkan di artikel ini agar kamu memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai cara berjualan di AliExpress. Segeralah mendaftar dan selamat berjualan!


Temukan berbagai tips cara memulai bisnis dan strategi bisnis lainnya yang bisa kalian gunakan dalam kembangkan bisnis hanya di Entrepreneurcamp.id.

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!