Selama ini, Line selalu dikenal sebagai aplikasi untuk berkomunikasi. Seiring dengan perkembangan teknologi dan bisnis digital, Line juga memperluas cangkupannya sebagai platform yang bisa digunakan untuk berbisnis. Ya, Line Shopping telah hadir pada tahun 2016 dan memiliki ribuan merchant bahkan di tahun pertamanya.

Perusahaan asal Jepang ini mulanya hanya bisa diakses melalui perangkat dengan sistem BlackBerry, namun setelahnya dapat diakses oleh Android dan juga iOS. Kesempatan inilah yang dimanfaatkan Line untuk memperluas jangkauannya dan merambah dunia e-commerce.

Melihat indahnya peluang menguntungkan ini, banyak para penggiat usaha yang tertarik untuk ikut menggunakannya. Kalau kamu juga tertarik untuk ikut bergabung, di bawah ini kami rangkum cara lengkapnya untuk berjualan di Line Shopping.

Apa Itu LINE Shopping?

Dikutip dari line.me, LINE SHOPPING merupakan portal belanja online buat memperoleh inspirasi style hidup terbaru. LINE SHOPPING membagikan fitur perbandingan harga yang menunjukkan bermacam marketplace serta web belanja yang lain buat menolong kalian dalam menciptakan produk terbaik dengan harga terbaik. Kalian pula dapat memperoleh penawaran serta diskon istimewa tiap harinya dengan memakai platform kami.

Cara Berjualan Di LINE Shopping

1. Download Aplikasi Line Official Account

Pertama-tama hal yang perlu kamu lakukan saat ingin berjualan di Line Shopping adalah mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi Line Shopping berbeda dengan aplikasi pesan instan biasanya.

Kamu perlu mencari aplikasi Line Official Account dan mengunduhnya ke perangkatmu. Setelah mengunduhnya, kamu bisa log in ke dalam aplikasi Line kemudian membuat akun Line Official.

Isi beberapa informasi yang diminta agar kamu dapat bergabung, seperti account name, industry, company name dan email. Setelah selesai, kamu bisa mulai menggunakan akun official-mu dan memulai Line Shopping.

Baca juga: Untung-Rugi Menjalankan Bisnis Waralaba yang Perlu Anda Ketahui


2. Mulai Dengan Greeting Message

Untuk memulai berjualan di Line Shopping, kamu bisa melakukannya dengan greeting messageGreeting message adalah pesan yang tujuannya adalah untuk menyapa para audience pada kontak akun Line Official-mu.

Supaya semakin tertarik dengan akun Line Shopping-mu, buat greeting message seramah dan menarik mungkin agar para calon pembelimu merasa disambut dengan baik. Kamu bisa membuat pesan sendiri dengan mencari referensi di mesin pencari. Misalnya, “Selamat datang di Toko Kami!” dan diikuti dengan penjelasan mengenai jasa dan produkmu.

Pesan ini akan diterima secara otomatis oleh para pengguna yang baru saja menambahkan akun Line Sopping-mu ke dalam daftar teman mereka.

Baca juga: 5 Tips Sukses Merintis Usaha Kecil-kecilan untuk Pemula


3. Lakukan Juga Broadcast Message

Menggunakan broadcast message pada Line Shopping juga dapat membantu agar lebih mudah saat berjualan. Dengan fitur ini kamu dapat memberi pesan secara langsung dan personal kepada seluruh kontak yang ada pada akun official-mu.

Walaupun sama-sama dibagikan ke seluruh kontak secara personal, fitur ini berbeda dengan greeting message. Pada broadcast message isi pesan yang kamu kirimkan biasanya berupa promosi, informasi diskon, atau penawaran tertentu.

Approaching yang bisa kamu gunakan juga bermacam-macam, mulai dari berupa gambar dengan copy yang menjelaskan tentang promosimu maupun pesan yang menerangkan diskon diiringi dengan kata-kata ramah dan juga jokes supaya lebih menarik.

Baca juga: HP untuk Jualan Online: Spesifikasi dan Merk Terbaik


4. Lakukan Sharing di Timeline

Salah satu cara jitu untuk mempromosikan jualan di social media adalah dengan membagikannya di halaman timeline. Bagaimana tidak? Membagikan promosi di timeline akan mempermudahmu untuk menjangkau para audiens di Line Shopping-mu.

Untuk memulainya, kamu bisa mengemasnya dengan informasi menarik dan menyelipkan promosi dalam gaya soft-selling. Atau, kamu juga bisa melakukannya secara langsung dengan gambar yang berisikan poster promosimu.

Baca juga: 4 Tips Cara Menggunakan Telegram untuk Jualan


5. Berikan Yang Terbaik

Sudah melakukan langkah di atas? Ini saatnya melakukan yang terbaik untuk Line Shopping-mu. Layaknya pembeli di berbagai model  bisnis lainnya, sebagai penjual kamu harus memperlakukan audiensmu dengan baik.

Pastikan untuk merespon dengan cepat ketika ada pertanyaan dan pesanan. Kamu bisa menggunakan jasa admin untuk membantumu membalasnya. Gunakan bahasa yang ramah dan juga solutif agar para audiens tetap puas dengan pelayananmu.

Jangan lupa untuk memberikan rewards untuk pelanggan setiamu agar mereka tetap menjadi konsumen tetap dan enggan berpaling ke toko sebelah.

Baca juga: Buka Toko Offline atau Toko Online, Mana yang Lebih Baik?


Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk berjualan di Line Shopping, mudah bukan? Agar lebih sukses, KoinWorks dapat membantu mengembangkan bisnismu. Salah satunya adalah dengan akes permodalan untuk memulai usaha. Kamu bisa mendapatkannya dengan KoinBisnis, yaitu pinjaman modal usaha online hingga Rp 2 miliyar dengan bunga cicilan yang terjangkau antara 0,75% – 1,67% per bulannya. Selain itu, pinjaman online di KoinWorks juga terjamin keamanannya karena sudah terdaftar di OJK. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk memajukan bisnismu. Selamat mencoba!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.