HomeManajemen BisnisPengertian, Manfaat, Fungsi, Tugas, dan Konsep Manajemen Pemasaran!

Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tugas, dan Konsep Manajemen Pemasaran!

Apa itu Manajemen Pemasaran – Sebagai seorang pemilik bisnis, kamu pasti seringkali mendapat informasi bahwa manajemen pemasaran sangat penting untuk kemajuan bisnis kamu. Sebenarnya, apakah itu? Kenapa hal ini sangat berpengaruh terhadap bisnis kamu? Apa manfaat dan tugas manajemen pemasaran? Nah, berikut terdapat penjelasan mengenai pengertian, fungsi, manfaat, tugas, dan konsep manajemen pemasaran. Simak selengkapnya!


Apa itu Manajemen Pemasaran?

Pengertian dari manajemen pemasaran atau marketing management adalah suatu proses analisis terhadap perencanaan, implementasi, dan juga pengendalian terhadap kegiatan marketing suatu bisnis perusahaan.

Sedangkan apabila menurut para ahli, manajemen pemasaran merupakan sebuah seni untuk menentukan target pasar untuk kemudian mendapatkan, menjaga, dan mengembangkan pelanggan dengan cara membuat, mengirimkan, dan membicarakan mengenai kepuasan pelanggan.

Marketing management memiliki peranan yang besar bagi kelancaran marketing dari bisnis kamu. Dengan manajemen seperti ini, kegiatan marketing bisnis kamu akan lebih teratur dan terkoordinir dengan baik. Hal itu tentunya bisa membuat tujuan dari marketing sendiri bisa kamu capai.

Baca juga: 6 Bidang Manajemen Bisnis yang Harus Anda Ketahui


Manfaat Manajemen Pemasaran

Bagaimana? Sudah paham mengenai pengertian dari marketing management ini? Jika sudah paham, selanjutnya kamu akan masuk ke pembahasan mengenai manfaat dari manajemen pemasaran ini. Dengan mengetahuinya, tentunya kamu bisa menjadi lebih paham betapa pentingnya manajemen semacam ini untuk bisnis kamu.

Berbicara mengenai manfaatnya, sebenarnya ada banyak sekali yang bisa kamu bahas. Namun, manfaat paling utama dari adanya marketing management (pemasaran) adalah meningkatkan penjualan bisnis kamu secara signifikan.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ketika kamu bisa memanajemen kegiatan marketing dari bisnis kamu, tentunya kegiatan marketing menjadi lebih efisien dan lebih maksimal. Pemasaran yang berjalan dengan baik dan teratur, pasti akan memberikan dampak yang bagus bagi produk dari bisnis kamu.

Baca juga: Apa Itu CRM, Manfaat dan Contohnya dalam Bisnis?


Fungsi Manajemen Pemasaran

Setelah memahami pengertian apa itu manajemen pemasaran, kamu juga perlu mengetahui fungsi dari marketing management ini. Dengan begitu kamu bisa memahami bagaimana penggunaannya secara tepat pada bisnis kamu. Tanpa basa-basi lagi, langsung saja kamu masuk pembahasannya berikut ini. Simak selengkapnya!

1. Analisis Pasar

Fungsi manajemen pemasaran yang pertama adalah untuk melakukan analisis pasar. Apa maksud dari fungsi yang pertama ini? Analisis pasar berarti suatu proses analisis terhadap bagaimana kondisi pasar saat itu juga. Hal ini berguna untuk menentukan berbagai peluang dan juga ancaman ketika kamu meluncurkan produk kamu ke pasar.

Fungsi analisis pasar yang tepat, dapat membuat produk kamu selalu terlihat menarik di mata pelanggan. Orang-orang akan selalu melihat bahwa produk kamu ini pantas untuk mereka beli. Dengan begitu, penjualan produk kamu akan stabil bahkan bisa meningkat karena pelanggan kamu yang mau menggunakan dan membeli produk kamu terus menerus.

2. Segmentasi Pasar

Fungsi manajemen pemasaran yang selanjutnya adalah segmentasi pasar. Segmentasi pasar berarti suatu kegiatan untuk membagi target pemasaran ke dalam beberapa kelompok. Hal ini bertujuan agar pemasaran bisa kamu lakukan dengan lebih mudah nantinya karena bisa menyesuaikan dengan target pasar berdasar kelompok yang ada.

Selain mempermudah proses marketing nantinya, segmentasi pasar juga akan membuat proses marketing menjadi tepat sasaran. Dengan tidak menyamaratakan target pasar, tim marketing pun bisa menentukan bagaimana cara penyampaian produk ke target masing-masing. Ini juga bisa membuat target pasar kamu menjadi lebih mudah untuk tertarik membeli dan menggunakan produk kamu.

3. Menetapkan Pasar

Fungsi manajemen pemasaran yang juga masih berkaitan dengan sebelumnya adalah menetapkan pasar. Setelah selesai dengan segmentasi pasar, marketing management memiliki fungsi untuk menetapkan pasar. Menetapkan pasar dalam hal ini adalah menentukan pasar mana yang memiliki potensi paling tinggi sebagai target pemasaran.

Untuk melakukannya, harus dilakukan berbagai hal. Mulai dari melakukan evaluasi bagian pasar, kemudian melihat tingkat profitabilitas atau tingkat keuntungan yang bisa kamu dapat. Selain itu, kamu juga harus melihat pasar tersebut sudah memiliki sumber daya apa saja.

4. Penempatan Pasar

Fungsi manajemen pemasaran yang selanjutnya adalah untuk penempatan pasar. Dalam hal ini, penempatan pasar biasanya akan dilakukan oleh pemilik bisnis dengan mempertimbangkan dua pilihan. Pilihan ini, biasanya menjadi opsi yang harus bisnis baru hadapi.

Pilihan pertama adalah membuka bisnis dengan memposisikan diri sebagai pesaing dari bisnis lain. Ketika memilih pilihan pertama, maka kamu tidak perlu menciptakan sebuah terobosan baru. Cukup gunakanlah ide dari bisnis yang sudah ada saat itu dan kembangkanlah jika memang perlu.

Untuk pilihan yang kedua adalah memulai suatu bisnis dengan menciptakan suatu produk baru yang belum ada pesaingnya. Ketika menempatkan pasar pada posisi ini, kamu akan sukses besar jika produk itu bisa laku keras. Namun, jika produk itu menjadi produk gagal yang kurang peminatnya, maka kamu akan mengalami kegagalan dan kerugian yang cukup besar.

5. Perencanaan Pemasaran

Fungsi manajemen pemasaran yang terakhir adalah sebagai perencanaan pemasaran. Apa maksud dari fungsi terakhir ini? Maksud perencanaan pemasaran di sini adalah sebagai alat untuk mengarahkan dan juga mengkoordinasikan kegiatan pemasaran.

Dengan perencanaan yang bagus, kegiatan pemasaran bisa selaras antara tim marketing satu dengan yang lainnya. Hal ini tentunya akan membuat penyampaian produk antara tim satu dengan tim lain akan tetap terarah sesuai rencana. Dengan begitu, tujuan dari kegiatan pemasaran bisa tercapai. Tercapainya tujuan marketing akan membuat orang-orang mengetahui dan mengenal dengan baik produk dari bisnis kamu.

Baca juga: Contoh B2C Di Indonesia, Seperti Apa Tipe Bisnisnya?


Tugas Manajemen Pemasaran

Sebelumnya kamu sudah membahas secara rinci mengenai fungsi dari marketing management ini. Untuk lebih memahaminya, kamu juga perlu mengetahui apa tugas dari seorang manajemen pemasaran ini. Nah, sebenarnya apa sih tugasnya? Kenapa marketing management sangat berperan penting dalam bisnis kamu?

Seorang marketing management memiliki tanggung jawab yang besar terhadap jalannya kegiatan marketing suatu perusahaan. Ia memiliki tugas utama yaitu untuk memasarkan produk dan menjamin kelangsungan dari perusahaan tersebut. Ini merupakan tugas yang sangat berat mengingat ketika terjadi kesalahan, maka kelangsungan perusahaan akan sangat terganggu.

Selain tugas utamanya itu, seorang marketing management juga memiliki tanggung jawab lain yang juga tidak sedikit. Ia harus mampu mengatur jumlah, waktu, dan juga sifat permintaan terhadap produk sesuai dengan tujuan dari perusahaan.

Baca juga: Contoh B2B di Indonesia: Perusahaan dan Bisnis


Konsep Manajemen Pemasaran

Setelah memahami tugasnya, kamu juga harus tahu lebih lanjut mengenai konsep marketing management ini. Berikut pembahasan lengkapnya!

1. Konsep Produksi

Konsep manajemen pemasaran yang pertama adalah konsep produksi. Salah satu konsep marketing management ini merupakan sebuah konsep yang beranggapan bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dengan harga terjangkau.

2. Konsep Produk

Kemudian ada juga konsep manajemen pemasaran yang bisa kamu sebut dengan konsep produk. Konsep yang satu ini beranggapan bahwa konsumen akan menyukai produk dengan kualitas terbaik dan paling inovatif. Hal ini membuat perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dari produknya.

3. Konsep Penjualan

Selanjutnya ada yang namanya konsep penjualan yang juga merupakan konsep dari manajemen pemasaran. Konsep penjualan beranggapan bahwa konsumen tidak akan membeli produk dalam jumlah yang cukup. Kecuali ketika perusahaan mengadakan usaha penjualan serta promosi produk dalam skala yang sangat besar.

4. Konsep Pemasaran

Kemudian konsep manajemen pemasaran yang berikutnya adalah konsep pemasaran yang menganggap bahwa pencapaian sasaran perusahaan bergantung pada penentuan kebutuhan dan juga keinginan pasar. 

5. Konsep Konsumen

Selanjutnya ada konsep konsumen sebagai salah satu konsep manajemen pemasaran yang berarti setiap perusahaan memiliki tujuan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.

6. Konsep Hubungan Sosial

Konsep manajemen pemasaran yang terakhir ini berarti bahwa perusahaan harus bisa menentukan kebutuhan, keinginan, dan minat pasar untuk kemudian menyerahkan pencapaian kepuasan secara lebih efektif dan efisien daripada pesaing

Baca juga: Melihat Tantangan dan Solusi Transformasi Digital Bisnis Lokal Indonesia


Contoh Penerapan Manajemen Pemasaran

Kemudian untuk contohnya, kamu bisa melihat pada sebuah studi kasus kafe kopi. Sebagai pemilik bisnis kafe tersebut, kamu perlu memikirkan bagaimana agar orang-orang bisa datang ke tempat kamu terus menerus.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah memberikan diskon atau promo menarik, menambah rasa kopi baru yang unik, menambahkan berbagai fasilitas tambahan seperti Wifi, dan sebagainya.

Nah, setelah mengetahuinya, terapkanlah solusi tersebut secara sistematis. Jangan lupa untuk mengevaluasi hasil dari solusi tersebut sebagai bahan pertimbangan kedepannya. Lakukanlah hal itu terus menerus secara signifikan. Dengan begitu, marketing management (manajemen pemasaran) secara sederhana sudah berhasil kamu lakukan.

Baca juga: Tips dan Strategi Mengelola Operasional Bisnis Secara Efisien


Setelah mengetahui apa itu manajemen pemasaran, fungsi, manfaat dan konsepnya. Jangan lupa untuk mulai mencoba menerapkan dalam bisnis dan usaha yang sedang kamu kembangkan ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini

Karakteristik Wirausahawan Sukses- Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan yang sukses membutuhkan karakter yang kuat agar dapat bertahan menghadapi segala tantangan dalam berbisnis yang penuh dengan...

Cara Membuat Website dengan Wix. Gratis, Mudah dan Cepat

Membuat Website Dengan Wix - Dewasa ini, website merupakan salah satu kebutuhan penting bagi suatu usaha bahkan untuk perorangan untuk keperluan branding maupun marketing....
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!