Berapa Lama Estimasi Pengiriman J&T? Simak Artikel Ini!

623
Berapa Lama Estimasi Pengiriman J&T? Simak Artikel Ini!

Pada dasarnya, estimasi pengiriman J&T sangat beragam, tergantung jenis layanan yang kamu gunakan pada proses pengiriman paket. Ada yang mencapai 3 hari, 5 hari, bahkan satu minggu, tergantung lokasi dan layanan yang kamu pilih. Selain itu, faktor lain seperti kondisi cuaca dan kemacetan juga mempengaruhi proses pengiriman.

J&T sendiri sudah mendapatkan kepercayaan penuh dari para konsumennya. Baik itu perusahaan Marketplace Online, ataupun pelaku usaha UKM. Bahkan, sejak tahun 2015, J&T berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya dalam jasa ekspedisi paket. 

Berapa Lama Estimasi Pengiriman J&T?

Langsung saja, agar tidak bingung dan bertanya-tanya lagi, ini dia estimasi waktu pengiriman paket J&T berdasarkan jenis layanannya:

1. J&T Super (Cepat)

Layanan J&T Super (Cepat) adalah sebuah layanan ekspedisi dengan estimasi pengiriman J&T tercepat yang hanya memerlukan waktu 1 sampai 2 hari saja, atau maksimal 3 hari. 

Namun, karena estimasinya lebih cepat, tentu saja biaya layanan ini juga lebih mahal. Selain itu, J&T Super ini merupakan salah satu layanan ekspedisi terbaik di Indonesia, lho.

Pada dasarnya, selisih tarif pengiriman dari setiap jenis layanan ekspedisi J&T tidak terlalu jauh berbeda. Sebagai contoh, untuk tarif pengiriman paket dari Jakarta ke Tangerang dengan berat paket 1 Kg, harganya yaitu sebesar Rp15.000,00. Harga tersebut masih termasuk murah untuk jenis layananan yang super cepat ini.

Namun, layanan ini hanya mencakup beberapa jangkauan wilayah tertentu saja. Wilayah tersebut antara lain:

  • Jawa
  • Bali
  • Sumatera
  • Kalimantan
  • Batam, dan
  • Sulawesi.

2. J&T EZ (Reguler)

J&T EZ (Reguler) adalah layanan ekspedisi reguler dengan tarif ongkos kirim standar. Jadi, biaya pengiriman untuk jenis layanan J&T ini relatif sama seperti tarif ongkos kirim reguler dari jasa ekspedisi lain pada umumnya. Sementara itu, lama estimasi pengiriman J&T reguler Express, yaitu berkisar antara 3 sampai 5 hari.

Sebagai perbandingan, untuk tarif pengiriman paket J&T EZ dengan rute Jakarta ke Tangerang dan dengan berat paket sebesar 1 kg, maka biaya pengirimannya adalah sekitar Rp11.000,00 saja. Jika kamu bandingkan dengan tarif layanan J&T super cepat, maka selisih harganya adalah Rp4.000,00 saja.

Selain itu, kelebihan dari layanan J&T Reguler ini adalah jangkauannya yang luas, karena telah mencakup seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan, layanan ini juga mampu melakukan pengiriman paket ke wilayah pelosok atau kota kecil di Indonesia.

3. J&T Eco (Ekonomi)

Seperti namanya, J&T Eco (Ekonomi) merupakan layanan ekspedisi pengiriman paket kelas ekonomi dengan biaya termurah dari seluruh layanan J&T. Proses pengiriman paket dengan layanan ini juga sebenarnya memiliki estimasi yang hampir sama seperti layanan J&T Reguler. 

Namun, karena harganya yang sangat murah ini, maka estimasi pengiriman J&T Eco (Ekonomi) juga terbilang lebih lama, jika kamu bandingkan dengan dua jenis layanan lainnya. Biasanya, lama pengiriman paket layanan ini sekitar 5 hingga 14 hari, tergantung lokasi dan tujuan paket tersebut. 

Selain pengiriman lama, layanan J&T Eco (Ekonomi) ini juga tidak tersedia untuk pengiriman di seluruh daerah dan pulau di Indonesia. Jadi, layanan ini hanya dapat melayani dan melakukan pengiriman dalam Pulau Jawa dengan tujuan ke wilayah Sumatra, Kalimantan, Bali, dan Sulawesi saja.

Baca Juga: Apa itu JNT? Kelebihan, Layanan, dan Tokoh di Balik Kesuksesannya

Rangkuman Estimasi Pengiriman J&T Seluruh Layanan

Nah, agar lebih jelasnya, berikut ini adalah rangkuman estimasi pengiriman paket J&T secara keseluruhan berdasarkan jenis layanannya:

J&T ECO 5 sampai 14 hari kerja
J&T EZ 2 sampai 5 hari kerja
J&T Super 1 sampai 2 hari kerja

Lama pengiriman tersebut adalah estimasi proses pengiriman saat kondisi normal. Artinya, durasinya dapat berubah tergantung faktor penentu lain, seperti jarak, kondisi dan situasi, masalah teknis, kondisi PPKM, wilayah jangkauan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Menjadi Agen Sicepat, Mudah dan Tanpa Ribet!

Jadwal Pengiriman dan Jam Kerja J&T

Baik penjual maupun pelanggan yang bertransaksi lewat online shop dan marketplace, tentu saja estimasi pengiriman J&T wajib untuk diketahui. Selain itu, ada baiknya kamu juga mengetahui jam operasional jasa ekspedisi ini, serta tahu jadwal pengiriman paket tersebut.

Pada dasarnya, J&T tidak menyediakan jadwal pengiriman secara khusus, seperti di jasa ekspedisi lain. Biasanya, untuk sekali pengiriman barang, kamu bisa menyesuaikan proses pengiriman dengan jam kerja dari pihak ekspedisi J&T. 

Berikut adalah jadwal pengiriman dan jam kerja J&T yang berlaku untuk masing-masing kantor serta pihak kurir pengiriman paket:

  • Kantor Cabang, Senin sampai dengan Minggu, mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB.
  • Drop Point atau Kantor Agen, Senin sampai dengan Minggu, mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB.
  • Kurir Sprinter, Senin sampai dengan Minggu, mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB.
  • Kurir Ekspedisi, Senin sampai dengan Minggu, dengan jam operasional full 24 jam.

Baca Juga: Cara Jemput Paket J&T, Tak Perlu Keluar Rumah

Sudah Tau Estimasi Pengiriman J&T?

Nah, itu dia estimasi pengiriman J&T dengan berbagai pilihan layanan serta jadwal operasional dan jam kerjanya. Intinya, setiap estimasi paket relatif berbeda dengan tarif yang juga berbeda tiap layanannya. Namun, biasanya estimasi tersebut antara lain sekitar 3 sampai 7 hari kerja, tergantung wilayah tujuan pengiriman paket.