Cara Membuat Akun Facebook Business – Popularitas Facebook sebagai salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia memang tak perlu diragukan lagi.

Kini, Facebook tak hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi dan hiburan, melainkan juga efektif untuk mendukung kelancaran bisnis.

Kamu bisa mengandalkan Facebook Business Manager (yang juga dikenal dengan sebutan Facebook Bisnis) agar proses pemasaran bisnis di Facebook jadi lebih praktis.

Cara membuat Facebook Bisnis ternyata tidak sulit karena kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah saja.

Sebelum membuatnya, alangkah lebih baik bila kamu mengenal manfaat dan fitur-fitur istimewa pada Facebook Business Manager.


Apa yang Dimaksud dengan Facebook Bisnis Manager?

Facebook Bisnis Manager adalah fasilitas gratis yang disediakan Facebook untuk mempermudah proses pengelolaan Facebook Page dan Facebook Ads (iklan). Business Manager berbeda dengan akun iklan Facebook.

Karena akun iklan, Facebook Page, dan beberapa fitur lainnya merupakan bagian dari Facebook Business Manager.

Alangkah lebih baik bila kamu mempelajari cara membuat Facebook Business Manager bila berencana memasang iklan di Facebook dalam waktu dekat.

Beragam Manfaat Memiliki Akun Facebook Bisnis Manager

Kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut ini bila menggunakan Facebook Bisnis Manager secara maksimal:

1. Memisahkan akun pribadi dan akun bisnis agar lebih profesional

Dengan demikian, akun media sosial untuk kepentingan bisnis bisa dikelola oleh staf. Kamu tak perlu khawatir privasimu di media sosial terganggu bila kamu sudah membuat akun Facebook Bisnis Manager.

2. Membuat proses memasang iklan jadi lebih mudah

Setelah membuat akun Facebook Bisnis Manager dan memasang iklan, kamu dapat memantau efektivitas iklan melalui fitur insight.

3. Mempermudah pengelolaan akun media sosial bisnis

Manfaat ini bisa kamu dapatkan jika sudah menggunakan Facebook Bisnis Manager sejak baru merintis bisnis. Sehingga kamu tidak perlu repot memindahkan banyak Facebook Page, halaman iklan, dan staf ke dalam akun Facebook Bisnis Manager yang baru ketika bisnismu berkembang pesat.

4. Mendapatkan dukungan maksimal dari Facebook

Kamu akan mendapatkan support maksimal dari tim Facebook jika sudah menggunakan Facebook Bisnis Manager karena proses perbaikan kendala teknis dapat dilakukan secara rinci.

5. Memaksimalkan sistem keamanan pada akun media sosial bisnismu

Facebook Bisnis Manager memiliki fitur Security Center yang membuatmu bisa mengaktifkan autentikasi dua faktor untuk para staf. Sistem keamanan ini membuat staf yang sudah hengkang dari bisnismu tak bisa mengakses halaman Facebook Bisnis Manager.

Proses Membuat Facebook Bisnis Manager

Cara membuat Facebook Bisnis bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah praktis berikut ini:

1. Mengakses Halaman Utama Facebook Bisnis

Langkah pertama membuat Facebook Bisnis Manager adalah mengakses halaman utama dengan URL https://business.facebook.com lalu klik opsi Buat Akun.

2. Login Agar Bisa Membuat Akun Bisnis

Selanjutnya, kamu bisa login dengan username dan password akun pribadimu. Setelah berhasil login, kamu akan diarahkan untuk mengisi nama bisnis dan membuat Halaman. Informasi lebih lengkap mengenai cara membuat halaman Facebook dapat kamu lihat di sini.

Jika kamu telah selesai membuat halaman Facebook, itu artinya kamu siap untun menggunakan Facebook Bisnis Manager, termasuk memasang iklan dan lainnya!

Baca juga : Cara Meningkatkan Penjualan dengan Promosi di TikTok


Fitur-Fitur Penting yang Ada di Facebook Bisnis Manager

Beberapa fitur Facebook Bisnis Manager ini dapat kamu manfaatkan untuk mendukung strategi bisnis:

1. Pages

Facebook Bisnis

Memungkinkan pengguna Facebook mengelola beberapa halaman Facebook (Facebook Page) sekaligus dengan profil dan pengaturan yang berbeda-beda. Fitur yang satu ini terdiri dari beberapa sub-menu, yaitu Page Admin, Page Editor, Page Moderator, Page Advertiser, dan Page Analyst.

2. Ad Account

Facebook Business

Fitur ini mempermudah kamu bila ingin menambahkan iklan baru di Facebook. Kamu bisa membuat akun iklan baru, mengklaim akun iklan, atau meminta akses terhadap akun iklan yang sudah ada.

3. Product Catalogs

Fitur Product Catalogs membuatmu leluasa mengunggah katalog produk ke Facebook Bisnis. Nantinya, katalog produk tersebut dapat dimanfaatkan untuk menayangkan iklan di Facebook.

4. Pixels

Berupa kode website yang membuatmu bebas mengukur, mengoptimalkan, dan membangun audiens untuk iklanmu. di Facebook.

Melalui parameter yang terdapat di Facebook Pixels, kamu dapat mengukur efektivitas iklan secara mudah.

Nah, kini kamu tahu kan bahwa cara membuat Facebook Bisnis sangat mudah dan manfaatnya untuk bisnismu sangat banyak.

Intinya, penggunaan media sosial secara maksimal dapat mendukung strategi pemasaran bisnis agar berjalan efektif.


Sekarang, kamu juga tak perlu khawatir soal urusan modal bisnis. Masalah tambahan modal akan lekas teratasi jika kamu mengandalkan KoinBisnis dari KoinWorks.

KoinWorks berkomitmen membantu para pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air melalui layanan KoinBisnis.

KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh tambahan modal bisnis.

Bunga cicilan yang rendah (berkisar antara 0,75% sampai 1,67%), proses pencairan dana yang cepat, dan cara membayar cicilan yang mudah membuatmu tak perlu ragu memanfaatkan KoinBisnis.

Layanan KoinWorks yang satu ini sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanannya terjamin.

Jangan biarkan masalah modal membuat bisnismu terhambat, ya.

Selain menggunakan media sosial secara maksimal, yuk manfaat KoinBisnis untuk mendapatkan tambahan modal bisnis secara cepat dan aman.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.