JNE Trucking adalah: Kelebihan dan Syarat Menggunakan Layanannya

199
Apa Itu JNE Trucking? Kelebihan dan Syarat Menggunakan Layanannya

JNE Trucking adalah salah satu layanan express dari jasa ekspedisi JNE untuk memudahkan pengiriman barang yang beratnya minimal 10 kg. Lantas, apa saja kelebihan, syarat, dan tarif menggunakan jasa pengiriman satu ini? Ini rangkumannya!

Apa itu JNE Trucking?

Seperti penjelasan singkat di atas, JNE Trucking adalah layanan pengiriman express dari jasa ekspedisi JNE untuk mengangkut barang yang beratnya lebih dari 10 kg. Layanan JNE satu ini sekilas mirip seperti layanan kargo pada jasa ekspedisi lainnya.

Seperti namanya, pengiriman barang akan diangkut menggunakan transportasi berbasis truk. Karena melewati jalur darat dan laut, otomatis proses pengiriman barang atau paket membutuhkan waktu yang lama, khususnya proses pengiriman antar pulau.

Jadi, sebelum memilih menggunakan jasa pengiriman truk dari JNE ini, kamu harus menghitung estimasi waktu agar paket yang kamu kirimkan sampai sesuai dengan kesepakatan bersama pihak penerima.

Jika kamu tidak mempertimbangkan estimasi pengiriman ini, khususnya untuk barang yang sifatnya sangat dibutuhkan, maka keterlambatan paket bisa memengaruhi citra toko atau bisnis yang kamu jalankan.

Baca Juga: JNE YES adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Lama Pengirimannya

Kelebihan JNE Trucking

Persoalan lain saat menentukan jasa pengiriman adalah mengetahui apa saja kelebihannya. Lantas, apa saja kelebihan dari JNE Trucking daripada jenis pengiriman lainnya? Berikut beberapa kelebihannya:

1. Tarifnya Murah

Kelebihan pertama dari JNE Trucking adalah tarif pengiriman yang lebih murah daripada layanan JNE kategori reguler seperti JNE OKE, JNE REG, dan JNE YES. Biaya yang murah tentu saja sangat membantu para pengirim paket, khususnya untuk paket yang tujuannya ke luar pulau.

Hal ini akan membuat kamu bisa lebih berhemat dan penerima paket pun tidak keberatan untuk melakukan pembayaran saat membeli barang atau produk di toko online milikmu.

2. Status Keberadaan Paket Mudah Dilacak

Berikutnya, kelebihan melakukan pengiriman barang menggunakan JNE Trucking adalah kemudahan melacak keberadaan paket yang kamu kirim. Kemudahan pelacakan ini tentu bisa mengurangi terjadinya kesalahan atau kecurangan dari kurir ekspedisi yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, dengan kemudahan pelacakan paket ini kamu juga bisa menginformasikan keberadaan paket kepada penerima jika dibutuhkan. Inilah yang membuat jasa pengiriman truk dari JNE lebih baik ketimbang jasa kargo lainnya.

3. Jangkauan Pengiriman yang Lebih Luas

Kelebihan ketiga dari JNE Trucking adalah jangkauan pengiriman paket atau barang yang lebih luas daripada jasa ekspedisi kargo lainnya. Dengan JNE Trucking, kamu bisa mengirim barang hingga ke Sumatera, Bali, Kalimantan, Sulawesi, atau Jawa.

Alasannya karena jasa express ini bisa melalui jalur darat sekaligus jalur laut untuk mengirim barang antar provinsi atau pulau.

Jangkauan pengiriman ini sangat membantu, khususnya kamu yang menjalankan bisnis dan memiliki pelanggan dari seluruh wilayah di Indonesia. Jadi, dengan layanan ini kamu tidak perlu khawatir mengenai proses pengiriman barang.

Baca Juga: Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

Syarat dan Ketentuan Layanan

Sama seperti jasa pengiriman lainnya, jika kamu ingin menggunakan JNE truk harus bisa memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan seperti berikut ini:

1. Berat Paket atau Barang

Jasa JNE Trucking hanya bisa mengirim barang yang memiliki berat minimal 10 kg. Jika total berat barang milikmu kurang dari 10 kg dan tetap menggunakan layanan express trucking, maka barang tersebut akan masuk kategori berat 10 kg.

Jika hal itu terjadi, maka kamu tetap harus membayar barang sesuai dengan tarif pengiriman barang yang beratnya mencapai 10 kg.

2. Hanya Menerima Barang-Barang Tertentu

Beberapa barang yang bisa dikirim menggunakan truk JNE antara lain furniture, motor, dan barang-barang yang memiliki berat mencapai 10 kg lainnya yang tidak bisa dikirim menggunakan layanan JNE reguler.

Kesimpulannya, JNE truk ini hanya menerima barang-barang yang pengirimannya tidak bisa menggunakan JNE reguler.

4. Pengiriman Skala Nasional

Jika kamu ingin mengirim barang ke luar negeri seperti Malaysia atau Singapura, sebaiknya pilih jenis kargo lainnya yang menyediakan pengiriman ke luar negeri.

Meski hanya berskala nasional, truk dari JNE bisa menjangkau ke seluruh wilayah di Indonesia, apalagi ke daerah yang terpencil atau jauh dari pusat kota.

5. Waktu Pengiriman Barang

Solusi agar kamu dan penerima paket tidak bermasalah dengan keterlambatan pengiriman tersebut adalah menambah jumlah hari dari estimasi pengiriman.

Misalnya, pengiriman paket dari Jawa ke Sumatera membutuhkan waktu sekitar 7 hari, sedangkan barang harus sampai pada tanggal 17 Desember 2022. 

Nah, untuk menghindari keterlambatan karena beberapa faktor di perjalanan, tambahkan waktu minimal 3 hari. Jadi, kamu harus mengirim barang pada tanggal 7 Desember bukan tanggal 10.

6. Barang Harus Diantar ke Kantor JNE

Jika ingin menggunakan jasa truk dari JNE, kamu harus mengantar barang tersebut ke kantor JNE terdekat. Sebaiknya antar paket di jam kerja agar paket bisa segera sampai karena layanan ini tidak melayani pengiriman paket di hari libur.

Baca Juga: 7 Daftar Perusahaan Ekspedisi di Indonesia yang Cepat Sampai

Tarif yang Diberikan JNE Trucking

Meski murah, masing-masing daerah tujuan memiliki tarif yang berbeda. Demi memudahkan kamu menghitung total pengiriman barang menggunakan layanan express JNE, berikut daftar tarif dan estimasi waktu pengiriman berdasarkan lokasi daerah di Indonesia:

1. Pulau Jawa

Tarif pengiriman paket di Pulau Jawa, mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur mulai dari Rp30.000,00-Rp60.000,00 dengan estimasi waktu pengiriman sekitar 3-6 hari jam kerja.

2. Pulau Sumatera

Sedangkan tarif pengiriman paket di pulau Sumatera, mulai dari Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Palembang mencapai Rp50.000,00-Rp190.000,00. Sedangkan untuk estimasi waktu pengirimannya mencapai 5-12 hari jam kerja.

3. Denpasar dan Sekitarnya

Pengiriman untuk kota Denpasar, Kuta, dan sekitarnya dikenakan tarif sebesar Rp50.000,00 dengan estimasi waktu 5 hari.

Berdasarkan data di atas, tidak semua daerah memiliki tarif dan estimasi waktu pengiriman yang sama. Penyebabnya adalah jaraknya yang lumayan jauh, seperti harus menyebrang pulau dan melewati beberapa kota atau provinsi.

Semakin jauh jarak tempuhnya, maka semakin besar pula tarif yang harus kamu bayarkan dan semakin lama pula estimasi waktu pengirimannya.

Sebagai tambahan informasi, tarif di atas adalah tarif minimum, yaitu paket yang beratnya 10 kg. Jika lebih, maka tarifnya akan bertambah sesuai nominal awal.

Misalnya, tarif pengiriman kota Jakarta sebesar Rp30.000,00 untuk berat barang 10 kg. Jika berat barang kamu mencapai 15 kg maka hitungannya akan genap menjadi 20 kg. Sehingga total tarif pengiriman yang harus kamu bayar sekitar Rp60.000,00 untuk barang seberat 20 kg. Begitu juga untuk daerah lainnya.

Kesimpulan

JNE Trucking adalah layanan express dari jasa ekspedisi JNE yang bisa kamu manfaatkan untuk mengirim paket yang beratnya mencapai 10 kg ke seluruh wilayah di Indonesia.

Meski biayanya murah daripada layanan JNE lainnya, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua jenis barang bisa diantar menggunakan jasa ekspedisi JNE truk ini. Semakin jauh jarak tempuhnya, maka semakin besar pula tarif yang harus kamu bayarkan dan estimasi waktu pengirimannya semakin lama pula.