Manfaat Penting Menggunakan Chatbot untuk Bisnis Selama Pandemi

168
Manfaat dan kegunaan menggunakan chatbot untuk bisnis

Manfaat Menggunakan Chatbot – Penggunaan chatbot untuk bisnis saat ini kerap kali dilakukan. Bukan semata-mata hanya karena tren saja, tetapi chatbot yang dilengkapi oleh kecanggihan Artificial Intelligent ini memiliki segenap hal yang memudahkan para pelaku bisnis online dalam melakukan penjualan.

Baca juga: Cara Menggunakan Trello untuk Bisnis dengan Mudah

Jika belum familiar, simpelnya chatbot merupakan sebuah program yang diciptakan untuk dapat melakukan interaksi dalam bentuk percakapan kepada pelanggan. Biasanya, chatbot digunakan untuk menjawab pertanyaan, keluhan atau keinginan tertentu yang diutarakan kepada penjual.

Chatbot akan merespon hal tersebut sesuai dengan percakapan secara natural. Pada bisnis online, chatbot sendiri biasanya digunakan untuk melengkapi layanan mesengger untuk menanggapi konsumen misalnya, pada Google, Facebook, WhatsApp, Twitter dan messenger lainnya.

Baca juga: 5 Strategi Customer Retention Marketing untuk Meningkatkan Penjualan


Manfaat dan Kegunaan Chatbot untuk Bisnis

Lalu, apa saja keuntungan chatbot untuk bisnis yang membuatnya menarik? Simak ulasan berikut ini.

Lebih Hemat Biaya

Layanan konsumen biasanya difasilitasi oleh jasa Costumer Service. Namun, pelaku bisnis tentu saja perlu menggaji jasa karyawan dengan role tersebut. Agar menghemat biaya tersebut, penggunaan chatbot untuk bisnis digunakan sebagai opsi lainnya. Penggunaan chatbot akan sangat berguna saat merespon pertanyaan maupun komplain para konsumen.

Bahkan, chatbot dapat merespon lebih dari satu pengguna sekaligus selama 24 jam. Itu sebabnya penggunaan chatbot untuk bisnis dinilai lebih hemat biaya karena tidak perlu meng-hire beberapa karyawan dalam melakukan Costumer Service.

Baca juga: Cara Lengkap Berjualan di Line Shopping

Responsif Terhadap Pelanggan

Chatbot yang dapat beroperasi terus-menerus selama 24 jam ini juga memiliki kelebihan dalam segi respon. Pelanggan yang menghubungi dan membutuhkan solusi tidak perlu menunggu berlama-lama, karena dalam penggunaan chatbot untuk bisnis pertanyaan atau keluhan dapat direspon lebih cepat.

Konsumen juga dapat terbantu dengan adanya chatbot ini karena tidak ada antrian yang perlu diikuti untuk segera mendapatkan respon. Dengan chatbot, waktu konsumen pun lebih hemat lagi dan tidak terbuang sia-sia.

Baca juga: 4 Tips Cara Menggunakan Telegram untuk Jualan

Experience Yang Lebih Baik

Harus diakui, terkadang sebagai pelanggan pasti kita pernah dibuat jengkel dengan respon kurang ramah dan tidak solutif dari Costumer Service yang kurang profesional. Tapi, hal tersebut dapat dihindari dengan menggunakan chatbot. Penggunaan chatbot untuk bisnis rupanya juga dapat memberikan pengalaman layanan yang lebih baik untuk para pelanggan.

Alasannya, tidak lain adalah respon yang baik dan solutif melalu chatbot yang sudah diprogram sedemkian rupa agar proaktif terhadap pelanggan. Pastinya, hal-hal seperti ketidakpuasan dengan respon Costumer Service yang tidak profesional dapat dihindari. Dengan begitu, reputasi bisnis online-mu pun akan ikut terjaga dengan

Baca juga: TikTok Untuk Bisnis, Apa Saja Kelebihannya?

Sebagai Bentuk Marketing

Selain melayani pelanggan, chatbot untuk bisnis juga bisa digunakan sebagai bentuk marketing. Dalam hal ini, kamu bisa mengandalkan chatbot untuk memberikan knowledge kepada pelanggan. Sebagai contoh, jika ada pertanyaan mengenai suatu produk yang ditanyakan oleh pelanggan, chatbot bisa membantunya dengan segenap solusi berupa deatail produk hingga rekomendasi.

Hal ini tentu saja dapat meningkatkan penjualan, karena secara tidak langsung bentuk marketing sudah dilakukan oleh chatbot. Kabar baiknya lagi, hal ini juga dapat menggaet lebih banyak pelanggan melalui informasi yang didapatkan saat berinteraksi dengan pelanggan. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan seperti apa strategi yang tepat untuk dilakukan kepada konsumenmu kedepannya.

Baca juga: Cara Menjadi Dropshipper Di Shopee, Mudah, Tanpa Modal!

Itulah beberapa keuntungan menggunakan chatbot untuk bisnis. Ternyata cukup banyak, bukan? Jika ingin keuntungan lebih banyak lagi, KoinWorks akan membantumu untuk mewujudkannya. Sebagai platform financial solution, banyak sekali kemudahan yang bisa kamu nikmati.

Salah satunya adalah melalui KoinBisnis. Layanan pinjaman modal usaha online ini akan membantumu untuk mengembangkan bisnis dengan pinjaman hingga Rp 2miliar dan juga cicilan bunga yang terjangkau, yaitu 0.75% – 1.67% per-bulan. Pastinya, keamanan pun sudah terjaga karena KoinWorks sudah terdaftar di OJK. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, bangun bisnis impianmu!