Pengertian dan Manfaat Email Marketing untuk Bisnis – Sudah bukan rahasia lagi jika digital marketing merupakan proses yang efektif untuk digunakan dalam memajukan bisnis. Pasalnya, saat ini para pengguna internet kian bertumbuh pesat.

Tentu saja hal ini sangat menjadikan dunia digital sebagai ladang subur untuk mempromosikan bisnis. Beragam strategi dan juga metode digunakan untuk melakukan pemasaran digital.

Bicara soal pemasaran digital, email marketing adalah salah satu cara yang kerap digunakan. Mungkin masih banyak yang belum familiar, namun metode ini dinilai cukup efektif untuk membuat bisnis semakin dikenal dan menjangkau para konsumen. Alasannya, prosesnya cukup personal dan lebih rinci karena dapat diakses langsung melalui email para konsumen.

Apa Itu Email Marketing?

Email Marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital menggunakan email untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis Anda. Ini dapat membantu membuat pelanggan Anda mengetahui item atau penawaran terbaru Anda.

Ini juga dapat memainkan peran penting dalam strategi pemasaran Anda dengan menghasilkan prospek, kesadaran merek, membangun hubungan, atau menjaga pelanggan tetap terlibat di antara pembelian melalui berbagai jenis email pemasaran.

Pemasaran email modern telah beralih dari surat massal satu ukuran untuk semua dan sebaliknya berfokus pada persetujuan, segmentasi, dan personalisasi.


Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis

Menggunakan email marketing juga dapat membuat para pebisnis lebih mudah untuk menyampaikan pesannya. Namun, mengapa email marketing? Untuk lebih jauhnya, berikut ini kami bahas mengenai segenap manfaatnya untuk bisnis.

1. Lebih Hemat Biaya

Bukan marketing namanya jika tidak membutuhkan biaya, tapi tentu saja hal tersebut bisa ditekan agar tidak mempengaruhi pengeluaran terlalu banyak sehingga dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Itulah salah satu keunggulan email marketing, yaitu lebih hemat biaya dibandingkan dengan metode lainnya.

Itu sebabnya banyak sekali peminat yang mengandalkan email marketing sebagai media pemasaran mereka. Tidak perlu melakukan print atau membuat baliho, kamu cukup membuat konten untuk akhirnya di publish kepada audiens. Pastikan untuk membuat list terlebih dahulu dengan mengumpulkan data audiens agar lebih mudah dalam mengirimkan email marketing.

Baca juga: Cara agar Konsumen Mau Membuka Email Marketing Anda

2. Mudah Dalam Produksi Konten

Pembuatan konten email marketing juga tergolong simpel, karena biasanya bentuk kontennya berupa teks yang juga disertai dengan sedikit gambar. Walaupun mudah, email marketing juga harus memiliki kualitas yang baik. Tujuannya agar email marketing yang sudah kamu buat dan kirim tidak sia-sia.

Pastikan untuk menyiapkan konten yang tepat agar dapat diterima oleh para audiens dengan baik. Untuk memulainya, lakukan reserach terlebih dahulu supaya kamu dapat mengetahui bagaimana preferensi mereka. Dengan begitu, kamu dapat menemukan strategi dan bagaimana cara komunikasi terbaik kepada para audiens dalam membuat email marketing.

Baca juga: 5 Tips Membuat Email Newsletter yang Profesional untuk Pelanggan

3. Jangkauan Audiens Luas

Selain lebih hemat biaya, email marketing juga memiliki jangkauan audiens yang lebih luas. Bagaimana tidak? Hampir semua orang menggunakan email. Apalagi mereka yang ber-social media, tentu saja membutuhkan email untuk registrasinya. Oleh karena itu, menggunakan email marketing sebagai wadah promosi adalah sebuah keputusan yang baik.

Tanpa banyak basa-basi kamu dapat menciptakan konten dengan informasi yang bisa langsung dibaca oleh para audiens. Melihat keterkaitan satu sama lain dari hal tersebut, tentu saja metode ini dinail lebih efektif untuk menjangkau audiens secara luas.

Baca juga: Strategi Pemasaran Online yang Efektif untuk Mendukung Bisnis

4. Evaluasi Lebih Mudah

Keuntungan email marketing lainnya adalah dapat dievaluasi dengan lebih mudah. Tidak memerlukan berbagai metrics, mengevaluasi email marketing cukup dianalisa dengan melihat respon audiens ketika mereka membacanya.

Jika terlihat respon yang diberikan sudah cukup banyak, berarti strategi yang kamu gunakan dalam membuat email marketing sudah tepat. Namun, jika terlihat kurang berarti konten yang kamu buat perlu evaluasi lebih jauh lagi. Kamu bisa melakukan modifikasi dan research ulang agar sesuai dengan audiensmu.

Itulah beberapa manfaat email marketing yang bisa kamu dapatkan untuk bisnis. Ternyata cukup banyak, kan?

Baca juga: 5 Cara Mengukur Kesuksesan Perusahaan


Jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi, KoinWorks siap membantu bisnismu dalam sisi finansial. Sebagai platform financial solution, kamu dapat menikmati beragam kemudahan untuk mengembangkan bisnismu.

Salah satunya adalah KoinBisnis yang dapat memberikan akses permodalan untuk memulai usaha. Dengan bunga cicilan terjangkau, yaitu 0.75% – 1.67% per bulannya, kamu dapat menikmati modal usaha hingga Rp 2 miliyar. Pastinya, keamanannya sudah terjaga karena KoinWorks telah terdaftar di OJK. Jadi, tunggu apalagi? Jangan ragu memajukan bisnis impianmu!


Dapatkan berbagai informasi,tips seputar bisnis dan perkembangan digital marketing bersama Entrepreneurcamp.id


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.