Kecanggihan teknologi turut membawa perubahan besar bagi sektor bisnis, untuk itu tidak heran jika belakangan ini banyak para pengusaha mulai mencari tips belajar bisnis digital untuk mengembangkan bisnisnya.

Digitalisasi membuat bisnis tak lagi identik dengan pertemuan pihak penjual dan pembeli secara langsung (tatap muka).

Satu dekade belakangan ini, popularitas bisnis digital di tanah air semakin meningkat karena ditunjang konektivitas internet yang memadai.

Belum terlambat kok bila kamu baru tertarik mempelajari bisnis digital dan ingin mencobanya.

Yuk, kenali dulu seluk beluk dunia bisnis digital supaya kamu bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk meraih keuntungan besar.


Apa Itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah segala bentuk usaha yang menjual produk atau jasa secara online.

Proses bisnis tersebut bisa dilakukan melalui website atau aplikasi dengan mengandalkan koneksi internet berkecepatan tinggi.

Omset bisnis digital tak kalah dibandingkan bisnis konvensional asalkan pengembangannya dilakukan secara konsisten disertai inovasi berkesinambungan.


Mengenal Berbagai Ide Bisnis Digital

Kalau kamu tertarik merintis bisnis digital, beberapa ide bisnis digital berikut ini bisa menjadi referensi yang tepat untukmu:

  • Digitalisasi bisnis konvensional

Kamu bisa melanjutkan bisnis konvensional dengan melakukan digitalisasi, misalnya menjual produk atau jasa di marketplace dan website.

Saat ini, banyak sekali bisnis konvensional di kelas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang melakukan ekspansi di ranah digital dengan memanfaatkan marketplace.

Bahkan, sejumlah perusahaan korporat juga memiliki official store di marketplace agar bisa menjangkau pelanggan secara langsung sekaligus menghemat biaya distribusi.

  • Dropship

Bila kamu belum memiliki modal yang memadai untuk merintis bisnis secara mandiri, kamu bisa menggunakan sistem dropship untuk mendapatkan keuntungan.

Bila ingin berbisnis dengan konsep dropship, kamu harus bekerja sama dengan supplier besar yang menjual produk dengan harga terjangkau.

Selanjutnya, kamu tinggal memasarkan produk di marketplace dan menerima order dari pengguna internet.

Pihak supplier akan mengirimkan produk atas nama bisnismu dan kamu bisa memperoleh keuntungan berdasarkan selisih harga produk tersebut.

Baca juga: Dropship Tokopedia ke Shopee

  • Membuat konten digital

Konten digital saat ini juga sangat dibutuhkan karena mayoritas masyarakat mengakses informasi dan berbelanja secara online.

Itulah sebabnya kamu bisa membuat konten digital dan menjualnya dengan harga mahal untuk mendapatkan keuntungan.

Beberapa contoh konten digital yaitu artikel, konten instagram, hasil desain (logo, ilustrasi, dan lainnya), ebook, podcast, dan musik.

  • Menjadi sosok yang berpengaruh (influencer)

Membahas tentang bisnis digital juga erat kaitannya dengan sosok influencer.

Seorang influencer bisa memiliki berbagai latar belakang, antara lain selebriti, blogger, selebgram, youtuber, food vlogger, dan seleb Tiktok.

Perusahaan korporat maupun UMKM membutuhkan jasa influencer untuk memperkenalkan bisnis sekaligus memberikan kesan positif sehingga banyak pengguna internet tertarik dengan bisnis tersebut.

  • Jasa pembuatan website dan aplikasi

Ide bisnis digital ini juga sangat dibutuhkan banyak orang.

Hingga kini, tak banyak orang yang memiliki kemampuan membuat website dan aplikasi yang bersifat user-friendly.

Jika kamu memiliki kemampuan di bidang software, website, dan aplikasi, tak ada salahnya menjajal bidang bisnis yang satu ini.

Kamu bahkan bisa merintis bisnis jasa pembuatan website dan aplikasi sebagai usaha sampingan di luar pekerjaan utama.

  • Jasa kursus atau bimbingan belajar online

Kursus dan bimbingan belajar online juga semakin dibutuhkan di zaman modern ini, terutama saat pandemi membuat mayoritas orang harus membatasi aktivitas di luar rumah.

Kamu harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang memadai bila ingin merintis bisnis jasa kursus atau bimbingan belajar online.

Sebagai langkah awal, kamu bisa bergabung dengan platform bimbingan belajar online terlebih dahulu agar mendapatkan pengalaman mengajar yang memadai.


Tips Belajar Bisnis Digital

Belajar bisnis digital sebenarnya tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu mencermati dan menguasai beberapa hal penting ini agar siap berkompetisi di dunia bisnis digital:

  • Menentukan jenis bisnis digital yang akan dijalankan berdasarkan kemampuan, minat, dan bakat yang kamu miliki. Bila kamu belum mampu memproduksi konten digital, kamu bisa memulainya dengan digitalisasi bisnis konvensional atau bisnis dropship.
  • Mempelajari prinsip-prinsip dasar penggunaan internet yang meliputi pengoperasian dasar internet dan penggunaan mesin pencarian.
  • Menetapkan target pasar yang ingin dicapai. Semakin besar target pasar, maka semakin besar pula peluang untuk meraih omset bisnis besar setiap bulan. Contohnya, bisnis jasa kursus online memiliki target pasar berupa anak usia sekolah, mahasiswa, dan kalangan profesional yang ingin menambah kompetensi kerja. Setelah mengetahui target pasar yang diinginkan, maka kamu bisa menerapkan prinsip digital marketing secara efektif.
  • Mempelajari digital marketing secara menyeluruh. Konsep digital marketing sebenarnya tidak terlalu rumit. Intinya, kamu hanya perlu melakukan beberapa hal ini supaya bisnis digital semakin populer dan mampu meraih banyak pelanggan:
  • Membuat akun media sosial khusus untuk memperkenalkan bisnis secara konsisten. Akun media sosial tersebut harus memuat konten promosi dan info menarik lain yang berhubungan dengan bisnis.
  • Memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) agar bisnismu mudah ditemukan di halaman pertama mesin pencarian internet.
  • Mengandalkan social media campaign (Facebook Ads, Instagram Ads, dan Youtube Ads) sehingga produkmu semakin dikenal oleh pengguna internet, terutama yang menjadi target bisnismu. Contohnya, iklan bimbingan belajar online muncul di feed Facebook pengguna internet usia sekolah.
  • Menciptakan konten yang bersifat unik sehingga mudah viral dan selalu diingat masyarakat, contohnya iklan Youtube Ramayana edisi Ramadhan 2018.
  • Melakukan evaluasi bisnis digital secara teratur karena strategi digital marketing yang kamu terapkan bisa menjadi ketinggalan zaman dan kurang efektif seiring berjalannya waktu.

Mulai sekarang, kamu harus lebih giat mempelajari dunia bisnis digital dan perkembangannya supaya tidak tertinggal dibandingkan para kompetitor.

Sambil menyiapkan rencana bisnis digital yang matang, jangan lupa pula menyiapkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnismu.

Jika saat ini kamu sedang membutuhkan pinjaman modal usaha, kamu bisa mengandalkan KoinBisnis.

KoinBisnis adalah layanan pinjaman tanpa agunan dari KoinWorks yang menyiapkan pinjaman untuk tambahan modal bisnis.

Kamu tak perlu khawatir soal masalah legalitasnya karena KoinBisnis terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Melalui KoinBisnis, kamu bisa mengajukan pinjaman hingga 2 milyar rupiah dengan bunga cicilan rendah (antara 0,75% hingga 1,67%).

Pencairan dananya hanya butuh waktu satu hingga tiga hari sehingga kamu bisa memperoleh dana dalam waktu singkat.

Pembayaran cicilan setiap bulan bisa dilakukan dengan mudah melalui nomor rekening virtual.

Persiapan tambahan modal yang memadai dan penguasaan teknologi akan membantumu menjalankan bisnis digital secara lancar.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.