HomeIde BisnisCara Berjualan Di Alibaba Untuk Pemula : Tutorial, dan Tips!

Cara Berjualan Di Alibaba Untuk Pemula : Tutorial, dan Tips!

Cara Berjualan di Alibaba – Buat kamu si pecinta online shopping, tentunya kamu tidak asing mendengar nama Alibaba. Ternyata banyak sekali cara mudah berjualan di Alibaba, loh. Perusahaan yang bergerak pada bidang marketplace ini pertama kali diciptakan oleh seorang pebisnis sukses bernama Jack Ma pada tahun 1999.

Dengan total karyawan sebanyak 251.462 orang pada catatan maret 2021, tentunya performa Alibaba sudah tidak dapat terelak lagi. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin bergabung menjadi seller, harus mengetahui informasi cara berjualan di Alibaba.

Pada zaman pandemi Covid-19 ini, sudah banyak para pebisnis muda dan pemula yang mulai merambat ke dunia online. Mereka mulai memanfaatkan marketplace yang populer di kalangan masyarakat, salah satunya adalah Alibaba.

Baca juga: Cara Berjualan di AliExpress dengan Tips Lengkap Untuk Pemula!


Apa itu Alibaba?

Seperti yang telah disebut, Alibaba adalah perusahaan komersial raksasa yang menjadi salah satu perusahaan terbesar di china. Alibaba.com sekarang dipimpin oleh Daniel Zhang selaku pemimpin. Perusahaan ini pula lah yang memberi penopang modal untuk perusahaan-perusahaan sejenis lainnya seperti Lazada dan Tokopedia. 

Hal tersebut Jack Ma lakukan agar menghindari persaingan bisnis dengan perusahaan-perusahaan setipe dengan Alibaba. Sampai saat ini, Alibaba.com sudah terklaim menjadi perusahaan jual beli yang sudah melebarkan sayapnya ke 190 negara. Pebisnis yang ada di Alibaba pun tidak hanya penjual eceran kecil, namun perusahaan produksi, pedagang besar, maupun ekspor dan impor antar Negara.

Perusahaan ini juga menjadi induk dari 11 perusahaan online lainnya yang termasuk populer juga. Perusahaan-perusahaan tersebut tidak hanya berkutat pada bisnis jual-beli online seperti Alibaba, namun berkutat kepada pengiriman barang, pengiklanan, financial, studio, dll.

Itulah mengapa Alibaba termasuk perusahaan mayor yang memang sudah terkenal oleh banyak orang.

Baca juga: Cara Berjualan Di Lazada, Ramah Untuk Pemula!


Alasan Berjualan di Alibaba

Jika kamu pebisnis pemula yang ingin memulai membuka usaha bisnis online, dan masih ragu untuk memasarkan barang kamu di Alibaba.com. Berikut ini kami akan memberi tahu apa-apa saja sih keuntungan untuk kamu saat kamu berjualan di Alibaba? Ini bisa kamu pakai sebagai alasan utama kamu, loh.

1. Skala Penjualan Terbesar di Dunia 

Alibaba.com merupakan platform marketplace untuk tempat berjual-beli dengan skala penjualan terbesar di dunia. Website yang memiliki hampir berjuta-juta pengguna pada setiap Negara ini juga membuka kesempatan untuk kamu yang ingin mengirimkan barang kamu sampai ke luar negeri. Hal itu karena Alibaba sendiri mempunyai anak perusahaan yang sanggup mengirim paket kamu secara internasional.

2. Sistem Cost per Inquiry Paling Mudah

Alibaba juga salah satu website online yang memiliki cost per inquiry paling gampang jika kita bandingkan dengan website-website jual beli online lainnya. Buat kamu yang bingung, Cost per Inquiry artinya adalah biaya yang kamu butuhkan untuk mendapatkan feedback dari orang lain tentang produk dan jasa yang kamu tawarkan. Hal ini juga salah satu bagian dari iklan secara langsung. Jika kita menarik minat banyak dari para pembeli, produk kita juga akan semakin cepat terkenal dan terminati.

3. Tersedia Fitur Canggih

Di website Alibaba juga memiliki banyak sekali fitur dan fungsi yang sangat canggih dan tentu saja sangat berguna untuk meningkatkan skema penjualan kamu. Terdapat teknologi kecerdasan buatan, penyimpanan cloud, sampai mesin pencarian yang sangat akurat. Fitur-fitur canggih ini selain memudahkan para pembeli, tentu saja memudahkan kamu. Karena kesempatan produk kamu untuk tampil pada beranda pembeli akan semakin tinggi.

Baca juga: Cara berjualan Di Tokopedia, Mudah Untuk Pemula!


Sistem Berjualan Alibaba

Namanya perusahaan online, tentu saja sistem berjualan di Alibaba bersifat online. Sebagai calon penjual, kamu harus memasarkan dan mendaftarkan produk kamu pada menu khusus yang tersedia pada Alibaba. Hal ini bertujuan agar produk tersebut dapat ter-posting dan terlihat pada beranda akun para pembeli.

Seperti website jual beli online pada umumnya. kamu tidak akan merasa ribet dan susah dalam memasarkan barang kamu karena Alibaba adalah perusahaan online yang bergerak secara sehari penuh tanpa istirahat.

Mungkin saja saat kamu memasukkan barang pada malam hari sebelum tidur, saat kamu bangun sudah ada pembeli yang tertarik pada barang kamu. Berjualan di Alibaba juga cukup fleksibel. Artinya kamu dapat bernegosiasi dengan pelanggan pada setiap jam sesuai dengan keinginan kamu.

Pada Alibaba, terdapat dua macam jenis sistem penjualan yang ada, yaitu:

1. Penjual Gratis

Jika kamu adalah penjual pemula yang ingin mencoba berjualan pada Alibaba.com, kamu dapat memakai fitur gratis yang telah tersedia pada Alibaba. Fitur penjual gratis ini tentu saja memakai cara biasa dan fitur-fitur biasa untuk menjual barang dagangannya.

2. Gold Supplier

Untuk kamu para pebisnis yang ingin meningkatkan performa penjualan pada Alibaba, kamu bisa memakai fitur Gold Supplier. Menjadi Gold Supplier artinya kamu harus membayar kepada Alibaba untuk menjualkan barang. Namun jangan salah, fitur tersebut memiliki keuntungan sendiri, kok. Salah satunya adalah barang kamu akan menjadi top list pada sistem pencarian Alibaba. Menjadi salah satu top list membuat para pembeli yang melintas pada website Alibaba akan semakin tertarik dengan toko kamu.

Menjadi Gold Supplier artinya kamu membuktikan diri menjadi toko yang terpercaya yang membuat para pelanggan pasti lebih memilih kamu dibanding yang lain. Kasus penipuan adalah salah satu kasus rentan yang ada pada Alibaba.com, penipuan ini biasanya dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Hal ini bertujuan untuk menjelekkan nama baik Alibaba.com

Baca juga: Cara Lengkap Berjualan di Line Shopping


Cara Berjualan di Alibaba dengan Mudah

Berjualan di Alibaba mempunyai 2 cara, yaitu:

Cara Berjualan di Alibaba untuk Penjual Gratis

Langkah-langkah cukup mudah, yang perlu kamu lakukan, yaitu:

1. Daftarkan Usaha Kamu

Buka Alibaba dari web maupun ponsel kamu, lalu daftarkan nama perusahaan kamu pada menu “Join Free” seperti pada gambar berikut. kamu akan mendapat pemberitahuan dari pihak Alibaba untuk meng-upgrade akun kamu ke gold supplier. Jika kamu tidak ingin, cukup abaikan saja.

Cara Berjualan di Alibaba dengan mendaftar terlebih dahulu

Pada gambar diatas, kita bisa melihat kamu wajib mengisi data diri kamu, seperti kewarganegaraan, email, kata kunci yang akan kamu pakai setiap kamu akan masuk kedalam akun, nama kamu dan nama perusahaan kamu. Lalu kamu wajib membaca dan setuju pada kebijakan dan peraturan yang ada pada Alibaba. Untuk cara cepatnya, kamu juga bisa mendaftarkan akun kamu dari facebook, gmail, twitter atau linkedin.

2. Mengisi Profil Perusahaan

Alibaba mewajibkan kamu untuk memiliki perusahaan atau nama retail sendiri. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penipuan oleh oknum-oknum yang berdiri sendiri. Tentunya sebagai seorang pebisnis, kamu harus memikirkan nama akun kamu supaya lebih mudah populer pada kalangan pembeli.

Cara Berjualan di Alibaba dengan mengisi profil perusahaan

3. Lengkapi Informasi Produk

Setelah biodata diri dan perusahaan telah kamu daftar, kamu sudah bisa memasarkan produk kamu pada menu “Display a New Product”. Pada menu tersebut, kamu dapat memasukkan jenis barang atau jasa yang akan kamu tawarkan, harga, dan jangan lupa untuk memasukkan keterangan lengkap. Keterangan lengkap dapat membantu produk kamu semakin diminati karena memiliki informasi yang jelas.

Cara Berjualan di Alibaba dengan mengisi informasi produk

Cara berjualan di Alibaba untuk Gold Supplier

Untuk kamu yang tidak puas dalam fitur-fitur gratis yang ditawarkan oleh Alibaba, kamu dapat menjadi seorang Gold Supplier. Caranya adalah kamu harus terlebih dahulu meningkatkan akun kamu. Pada menu utama akun kamu, tepatnya disamping tulisan “My Account” kamu dapat melihat sebuah tombol “Upgrade to Gold Supplier”. Jika kamu memilih tombol tersebut, kamu akan terhubung kepada menu seperti berikut.

Cara Berjualan di Alibaba dengan menjadi gold supplier

Kamu dapat memilih tipe mana yang kamu inginkan dan melakukan pembayaran melalui rekening atau pembayaran yang lain yang dapat kamu pilih. Setelah itu, kamu sudah dapat menjual barang seperti biasa.

Baca juga: Cara Berjualan di Marketplace Lokal untuk Pemula


Tips Sukses Berjualan di Alibaba

Ingin sukses berjualan? Tentu saja ada tips yang harus kamu lakukan sebagai berikut:

1.    Buat Deskripsi Produk Kamu Semenarik Mungkin

Produk yang dapat memenangkan perhatian para pembeli adalah produk yang mempunyai “iklan” yang bagus. Foto-foto yang kamu edit sedemikian rupa juga bisa meningkatkan kemauan pembeli untuk membeli produk kamu.

2.    Selalu Cepat dalam Merespon Pembeli

Sifat pembeli adalah selalu ingin cepat. Jika kamu dinilai kurang efektif dan ligat, kamu akan kedeluanan dari penjual lain yang menjual barang serupa dengan kamu.

3.  Manfaatkan Fitur-Fitur Alibaba

Usahakan untuk selalu memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada Alibaba. Caranya adalah, mengisi dengan total kuesioner dan pertanyaan-pertanyaan yang Alibaba tanyakan pada kamu. Hal ini tentunya dapat meningkatkan promosi barang kamu kepada pembeli.

Seperti itulah cara berjualan di Alibaba beserta trik-trik suksesnya. kamu dapat memulai usaha kamu dengan cerdas dan cermat. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menjadi pebisnis yang sukses dengan memakai Alibaba. Selamat mencoba!


Temukan berbagai tips menarik lainnya dalam memulai bisnis kamu hanya di entrepreneurcamp.id.



Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Pengertian Produk Digital dan Cara Menjualnya

Sejak pandemi, bisnis online semakin marak bermunculan dengan produk yang semakin variatif. Hal ini juga membuat kita menyadari bahwa tingginya peluang bisnis di ranah...

Jenis-Jenis Pembayaran Online yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis Pembayaran Online - Sebagai seorang shoppaholic rasanya tidak afdol kalau belum pernah mencoba belanja online. Selain mudah untuk dilakukan, belanja online juga lebih...

Apa itu COD? Bagaimana sistem COD bekerja dan manfaatnya?

Apa itu COD? - Pasti kamu pernah mendengar soal pemberitaan mengenai pembeli yang bersitegang dengan kurir saat menerima paket. Diketahui pembeli tersebut menggunakan sistem...

Mini Survey
Dapatkan ebook untuk meningkatkan performa toko onlinemu dengan cara isi survey ini