TIKI adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang. Berdiri sejak 1 September 1970 hingga kini telah memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia dan melayani segala kebutuhan pelanggan dengan profesional.
Barangkali kamu masih penasaran apa kelebihan TIKI dan apa saja layanan yang tersedia. Nah, artikel ini akan menjawab semua rasa penasaran kamu. Yuk, simak!
Daftar Isi
Apa Itu TIKI?
Bagi kamu yang masih baru dengan istilah TIKI, tentu bertanya-tanya apa itu TIKI? Singkatnya, TIKI adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang ekspedisi barang yang menawarkan berbagai layanan kirim.
Dewasa ini, TIKI sudah mempunyai lebih dari 500 kantor cabang dan 3.700 outlet serta 6.000 karyawan lebih yang tersebar di 65 kota seluruh wilayah Indonesia.
Di samping layanan kirim dalam negeri, juga melayani pengiriman barang ke luar negeri dengan menggunakan international service. Sehingga, pelanggan dapat mengirim barang kemana saja dengan mudah.
Sejarah Singkat TIKI
TIKI pertama kali berdiri pada 1 September 1970 oleh Soeprapto dan Ny Nuraini Soeprapto. Kemudian, pada tahun 1972, perusahaan tersebut bekerja sama dengan Gideon Wiraseputra, Alm Irawan Saputra, dan Raphael Rusmadi.
Pada 1972, bisnis TIKI hanya mampu menjangkau Semarang (Jawa Tengah), Pangkal Pinang (Sumatera), dan Surabaya (Jawa Timur). Selain itu, armada dan karyawan yang dimiliki masih sangat terbatas.
Seiring berjalannya waktu, perusahaan tersebut mampu membuktikan diri dan semakin kuat serta membangun banyak cabang di seluruh kota yang ada di Indonesia. Sehingga, dapat melayani berbagai kebutuhan pengantaran barang para pelanggannya.
Baca Juga: Apa itu JNT? Kelebihan, Layanan, dan Tokoh di Balik Kesuksesannya
Kelebihan TIKI
Berikut adalah 7 kelebihan TIKI sebagai bahan pertimbangan kamu saat ingin menggunakannya, yaitu
1. Tarif Pengiriman Terjangkau
Dibanding ekspedisi yang lainnya, TIKI tergolong memiliki tarif pengiriman yang terjangkau. Bahkan, bisa dikatakan lebih murah. Apalagi kalau kamu menggunakan layanan ekonomi dan reguler.
2. Real Time Tracking
Dengan adanya fitur real time tracking, kamu bisa melakukan pengecekan barang yang dikirim melalui hotline di nomor 1500251 maupun website resminya. Sehingga, kamu bisa memantau barang milikmu.
3. Layanan Asuransi
Adanya layanan asuransi merupakan upaya untuk menjaga keamanan dan keselamatan barang kamu saat dalam proses pengiriman. Dengan demikian, ketika terjadi kerusakan barang selama perjalanan proses pengiriman, kamu bisa mengklaim ganti rugi.
4. Menjangkau Banyak Wilayah
Kelebihan TIKI yang berikutnya adalah mampu menjangkau banyak wilayah, terutama kota-kota besar. Di samping itu, adanya fasilitas seperti kantor cabang dan outlet dapat memudahkan pelanggan saat melakukan pengiriman barang.
5. Sales Counter 24 Jam
Untuk mendukung pengiriman barang yang terus berjalan tanpa mengenal waktu, perusahaan ekspedisi yang berdiri sejak 1970 tersebut memiliki gerai yang buka 24 jam di kota-kota besar.
Tujuannya supaya dapat memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan selama proses pengiriman barang.
6. Tersedia Banyak Layanan
Kelebihan lainnya adalah TIKI menyediakan berbagai layanan, mulai dari same day service, one night service, hingga international service. Maka dari itu, kamu bisa memilih layanan sesuai kebutuhan. Sehingga, barang bisa sampai tujuan dengan selamat sesuai estimasi waktu yang ada.
7. Berpengalaman
Berdiri sejak tahun 1970, pastinya perusahaan ini sudah memiliki pengalaman di bidang ekspedisi. Dengan demikian, pantas saja semua prosedur pengiriman sudah tertata baik dan terstruktur.
Kelemahan TIKI
Selain kelebihan, TIKI juga memiliki kelemahan, yaitu:
1. CS Tidak Responsif
Kelemahan TIKI yang pertama adalah CS (customer service) yang susah dihubungi dan kurang responsif. Padahal, dalam situasi tertentu, pelanggan membutuhkan bantuan dari CS untuk mendapatkan informasi. Misalnya, saat terjadi keterlambatan pengiriman atau yang lainnya.
2. Keterlambatan Pengiriman
Di samping CS yang kurang responsif, ternyata juga memiliki kelemahan yang berkaitan dengan proses pengiriman, yaitu adanya keterlambatan. Contohnya saja, untuk layanan ONS (one night service) barang yang seharusnya sampai dalam 1 hari nyatanya lebih dari yang dijanjikan.
3. Tidak Ada Konfirmasi Status Barang
Meskipun memiliki fitur real time tracking, ternyata pelanggan tidak bisa mengetahui lokasi paketnya dengan jelas, karena tidak ada konfirmasi status paket.
Produk dan Layanan TIKI
Berikut adalah 15 produk dan layanan yang disediakan oleh TIKI, yaitu:
1. SDS (Same Day Service)
TIKI menyediakan layanan SDS khusus untuk kamu yang membutuhkan pengantaran barang dengan cepat. Sehingga, tidak perlu menunggu berhari-hari, agar barang sampai tempat tujuan dengan aman.
2. ONS (One Night Service)
Jika dengan layanan SDS barang akan sampai hari itu juga, layanan ONS membutuhkan waktu 1 hari agar barang sampai ke penerima. Meski demikian, layanan ini juga cocok untuk kamu yang mengutamakan kecepatan.
3. TDS (Two Day Service)
Layanan yang lainnya, yaitu TDS atau two days service. Sesuai namanya, layanan ini membutuhkan waktu dua hari saja agar barang sampai ke alamat tujuan.
4. Regular Service
Kalau kamu tidak terburu-buru agar barang segera sampai, bisa gunakan layanan reguler service. Layanan tersebut membutuhkan waktu sekitar 3-4 hari.
5. Economy Service
Jika kamu ingin menghemat biaya ongkos kirim, bisa gunakan economy service. Kamu harus rela menunggu sekitar 4-5 hari agar barang sampai.
6. Trucking Service
Layanan TIKI berikutnya adalah trucking service. Apabila kamu ingin mengirim barang dengan berat lebih dari 10 kg, cobalah menggunakan layanan ini. Sehingga, kamu tetap bisa mengirim barang dengan jumlah yang besar.
7. International Service
Nah, kalau kamu ingin mengirim barang ke luar negeri, pilihlah layanan international service. Namun, tenang saja, karena ongkos kirimnya masih terjangkau.
8. Pick Up Delivery
TIKI juga menyediakan layanan pick up delivery untuk pelanggan yang khawatir barangnya akan rusak atau lecet di jalan. Jika kamu menggunakan layanan ini, barang akan dijemput dengan mini bus van, sehingga akan tetap aman.
9. PUTAR (Layanan Jemput Antar)
PUTAR adalah layanan jemput antar berbasis aplikasi yang memudahkan kamu dalam proses pengiriman paket dengan estimasi waktu maksimal 3 jam.
10. JEMPOL GRATIS
Kalau kamu tidak bisa datang ke kantor atau outlet, coba gunakan layanan JEMPOL (jemput online). Kurir akan datang untuk mengambil barang. Selain itu, kamu bisa membayar ongkos pengiriman saat itu juga tanpa biaya tambahan.
11. Email dan SMS Notification
Produk dan layanan TIKI berikutnya adalah adanya email dan SMS notification, yaitu pemberitahuan bahwa barang sudah sampai tujuan.
12. SOBATIKI
Selain itu, ada juga layanan keanggotaan atau membership yang disebut SOBATIKI. Dengan menjadi SOBATIKI, maka pelanggan akan mendapat berbagai penawaran atau benefit yang menguntungkan.
13. Drive Thru 24 Jam
TIKI mempelopori layanan drive thru yang buka selama 24 jam. Layanan tersebut memungkinkan pelanggan untuk mengirim barang atau dokumen tanpa harus turun dari kendaraan. Sehingga, dapat memudahkan pelanggan.
14. Mobile Apps
Seiring perkembangan teknologi yang terus meningkat, perusahaan ekspedisi ini tidak ingin ketinggalan zaman. Maka, hanya dengan satu genggaman kamu sudah bisa menikmati semua layanan dan produk yang tersedia melalui aplikasi di telepon pintar.
Baca Juga: Apa itu JNE? Ini Dia Pengertian dan Macam-Macam Layanannya
Tertarik Menggunakan TIKI?
Demikian informasi mengenai apa itu TIKI, kelebihan, kekurangan, hingga produk dan layanan yang tersedia. TIKI adalah perusahaan ekspedisi yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun.
Maka dari itu, TIKI sudah berpengalaman dalam mengelola bisnis serta menerapkan strategi yang tepat, agar terus bertahan seiring bertambahnya kompetitor. Dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, kamu ingin menggunakan TIKI?