Lengkap! Ini Cara Berjualan di Tokopedia Agar Cepat Laku

1916

Tokopedia adalah salah satu online marketplace yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Penggunanya juga berkesempatan untuk menjual barang dagangannya. Apabila kamu tertarik, ketahuilah cara berjualan di Tokopedia agar cepat laku.

Pebisnis pemula Tokopedia wajib mengetahui informasi ini.

Dengan mengetahuinya, maka kamu akan mampu memaksimalkan seluruh fitur Tokopedia dan mampu mendatangkan keuntungan yang menjanjikan.

9 Cara Berjualan di Tokopedia Agar Cepat Laku

Jika kamu ingin mendapatkan omzet melimpah ketika berjualan online di Tokopedia, berikut adalah beberapa cara yang tepat: 

1.  Punya akun Tokopedia

Pastikan kamu telah terdaftar menjadi “ekosistem” Tokopedia terlebih dahulu untuk menggunakan fitur-fitur jualannya.

Cara mendaftar akun di Tokopedia pun cukup mudah, karena hanya menyiapkan nomor telepon dan Email yang aktif.

Eits, kamu masih belum bisa langsung berjualan, karena harus memiliki toko terlebih dahulu. Cara buka toko pun tidak menghabiskan banyak waktu dan bisa kamu lakukan secara online.

Baca Juga: Cara Buka Toko Di Tokopedia Dengan Mudah

2. Buat identitas yang jelas

Buatlah nama toko sejelas mungkin.

Bagi pebisnis pemula, mungkin tidak langsung mendapatkan pelanggan. Oleh karena itu, cara berjualan di Tokopedia agar cepat laku bagi pemula adalah membangun kepercayaan pembeli.

Kepercayaan dapat dilakukan dengan memperhatikan pemilihan nama toko.

Pilihlah nama yang mudah orang ingat, dan masih relevan dengan barang yang kamu jual. Misalnya kamu menjual handphone, maka kamu dapat menambahkan kata seperti cell, phone, atau store pada nama tokomu.

Tak lupa tingkatkan kredibilitas toko kamu dengan penambahan foto profil yang menarik.

Disarankan untuk menggunakan logo bisnismu, karena logo adalah identitas bisnis yang sulit ditiru oleh bisnis lain yang sejenis.

Cara berjualan di Tokopedia untuk pemula ini mampu meningkatkan kepercayaan dan selalu diingat calon pembeli terhadap toko kamu.

Baca Juga: Cara Dropship di Tokopedia & Tips Sukses untuk Pemula

3. Lakukan branding

Pada tahapan ini, pertimbangkanlah target pasar yang kamu inginkan.

Menentukan target pasar sangat penting, karena berguna untuk menentukan desain, brand voice, gaya bahasa, dan lain sebagainya.

Perencanaan yang matang ini akan memperkuat identitas toko kamu. Meskipun menjual barang atau jasa yang sama, tapi setiap toko punya targetnya sendiri.

Bahkan, ada yang memanfaatkan brand agency untuk menjalankan salah satu cara berjualan di Tokopedia agar cepat laku.

Pemilik  toko berharap jasa tersebut dapat membantunya untuk menentukan target pasar yang jelas. Dengan begitu, penjualan akan selalu lancar, karena memiliki tujuan yang jelas.

Baca Juga: Cara Menjadi Affiliate Marketing Tokopedia Tanpa Ribet

4. Buat deskripsi toko yang menarik

Deskripsi toko berguna untuk memudahkan pelanggan mengetahui informasi terkait toko kamu.

Umumnya, pemilik toko menggunakan metode penulisan copywriting.

Akan tetapi, tidak semua pemilik toko memiliki kemampuan penulisan tersebut. Hal ini bukan jadi halangan buat kamu yang ingin mendapatkan peningkatan penjualan di Tokopedia.

Lengkapi deskripsi toko dengan alamat toko yang jelas. Hal ini dapat menambah kepercayaan dan kredibilitas, sehingga pembeli dapat melacak keberadaan toko kamu melalui mesin pencari.

Kelengkapan lain yang seharusnya ada di deskripsi toko adalah jam buka.

Diharapkan calon pembeli dapat mempertimbangkan estimasi kedatangan barang, karena toko akan mengirimkan barang pesanan konsumen sesuai jam buka toko saja.

Baca Juga: Cara Membuat Voucher Tokopedia Untuk Tokomu Sendiri

5. Rapikan barang jualan di etalase

Berjualan di Tokopedia tak jauh berbeda saat memiliki toko “fisik”.

Sebagai penjual, kamu harus menghias etalase di Tokopedia sesuai dengan kategorinya. Cara berjualan di Tokopedia agar cepat laku ini memudahkan calon konsumen untuk memilih produk sesuai dengan keinginannya.

Cara ini sangat berguna bagi kamu yang menjual banyak jenis produk. Calon konsumen bisa langsung berpindah ke kategori yang berkaitan dengan barang yang ingin dibeli.

Setelah memasukkan barang sesuai kategorinya, rapikanlah barang-barang tersebut.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan mengurutkan sesuai dengan abjad huruf, atau kamu juga bisa mengurutkan dari barang yang paling dicari hingga yang sedikit peminatnya.

Namun, kedua cara itu bukan patokan untuk merapikan etalase toko kamu, ya. Kamu bisa pakai cara lain dengan menyesuaikan kebutuhan dan target pasarnya.

Baca Juga: Entrepreneur, Hindari 5 Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online

6. Lengkapi deskripsi produk

Cara berjualan di Tokopedia bagi pemula yang satu ini juga harus kamu ketahui, karena calon pembeli tidak hanya melihat gambar yang menarik saja, tetapi juga akan melihat keterangan produk yang kamu tulis pada deskripsi.

Pada bagian ini, kamu harus memberikan informasi yang lengkap pada setiap produk yang kamu jual. Fungsi deskripsi produk adalah agar pembeli mengenali produk dan meyakinkan mereka untuk membeli produk yang kamu jual.

Spesifikasi produk tidaklah cukup untuk menarik konsumen.

Maka dari itu, lengkapi deskripsi produk dengan mencantumkan fungsi dan kelebihan. Jelaskan pula apa yang akan didapatkan pembeli dalam satu kali pembelian produk kamu!

Jangan lupakan penyebaran kata kunci pada deskripsi produk.

Kata kunci berfungsi memudahkan konsumen menemukan produk kamu saat mengetikkan beberapa kata kunci yang relevan. Nah, cara ini kerap disebut sebagai teknik Search Engine Optimization (SEO).

Baca Juga: 7 Skill Digital Marketing yang Wajib Kamu Punya

7. Pasang harga yang kompetitif

Kamu akan menemukan banyak kompetitor di Tokopedia, sehingga ciptakanlah pembeda pada produk-produkmu.

Satu hal yang bisa kamu lakukan adalah membuat orang lain tertarik dengan harga yang kamu tawarkan.

Kamu bisa melakukannya dengan cara memberikan potongan harga pada beberapa produk. Cara berjualan di Tokopedia agar cepat laku ini bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, seperti pemberian voucher untuk potongan harga.  

Selain itu, kamu juga dapat mengajak calon konsumen untuk ikut mempromosikan produk kamu lewat akun media sosial, agar mendapatkan harga yang lebih murah daripada konsumen lainnya.

Akan tetapi, jangan sembarangan memberikan harga. Lakukan riset kompetitor terlebih dahulu untuk mengetahui kisaran harga yang mereka pasang.

Selain itu, perhitungkan kebutuhan lainnya, seperti bahan baku pembuatan produk. Dengan cara ini, kamu dapat meminimalisir kerugian akibat salah menentukan harga jual.

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online yang Efektif

8. Selalu update dan fast respon

Kamu harus melakukan update pada waktu-waktu tertentu, misalnya pada saat acara-acara nasional.

Cara berjualan di Tokopedia agar cepat laku ini kerap banyak toko gunakan di Tokopedia untuk memberikan promo khusus dan terbatas.

Semakin sering melakukan update, calon pembeli menganggap bahwa toko kamu masih aktif. Mereka mengetahuinya dari tanda hijau saat online atau info tentang terakhir online.

Keaktifan ini membuat calon pembeli tak segan meninggalkan pesan kepada toko kamu. Kebanyakan dari mereka akan mempertanyakan kesediaan barang dan pertanyaan umum lainnya.

Jika sudah demikian, sebisa mungkin untuk meresponnya dengan cepat.

Semakin cepat pesannya kamu respon, kemungkinan mereka akan memasukkan produk kamu di keranjang akan semakin tinggi. Cara berjualan di Tokopedia bagi pemula ini membuat konsumen merasa senang, karena pelayanan yang baik.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Calon Konsumen Potensial yang Harus Kamu Perhatikan

9. Pakai fitur ads di Tokopedia

Dari beberapa cara berjualan di Tokopedia agar cepat laku, ini adalah cara yang mudah untuk mendapatkan pelanggan.

Kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan cara berjualan untuk mendapatkan pelanggan pertama bagi pemula. 

Melalui fitur ads atau iklan, secara cepat toko kamu dikunjungi pembeli hingga memutuskan untuk membeli.

Tetapi, kamu perlu mengeluarkan beberapa biaya untuk menggunakan fitur ini. Tokopedia akan menyediakan harga yang bervariasi sesuai dengan layanan yang mereka tawarkan. 

Baca Juga: Apa Itu Iklan Online? Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Sudah Paham Cara Berjualan di Tokopedia?

Jangan takut dagangan kamu tidak laris saat dipasarkan di Tokopedia.

Online marketplace ini salah satu yang paling banyak menjadi pilihan masyarakat untuk belanja online.

Maka dari itu, beberapa cara berjualan di Tokopedia agar cepat laku di atas bisa kamu gunakan.